EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA MOTIF KAIN SONGKET MELAYU PONTIANAK

  • Risa Nursila IAIN Pontianak
  • Sri Nurlailah Saputri IAIN Pontianak
  • Zulkarnain Zulkarnain IAIN Pontianak
Kata Kunci: Matematika, Kebudayaan, Etnomatematika, Geometri

Abstrak

Kebudayaan dapat digunakan untuk menggali konsep matematika sebagai upaya mendekatkan matematika dengan realistis dan persepsi masyarakat. Dan aspek kebudayaan ini bisa dijadikan bahan pembelajaran matematika di sekolah. Oleh karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur serta konsep dari geometri pada kain songket melayu Pontianak menurut sudut pandang etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi literatur. Bentuk penelitian ini ialah penelitian eksploratif melalui pendekatan etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif-motif yang terdapat pada kain songket melayu Pontianak ditemukan unsur bangun datar geometri yakni belah ketupat, lingkaran dan jajar genjang. Juga terdapat konsep geometri transformasi yakni refleksi (pencerminan), translasi (perpindahan), dan dilatasi (pembesaran atau pengecilan) yang dapat dijadikan sumber belajar materi geometri.

Referensi

Badar, T. I. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 187–192.
Dewi, N. R., & Ardiansyah, A. S. (2019). DASAR DAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Klaten: Lakeisha.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 31–52.
Fajriah Euis. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prosding Seminar Nasional Matematika Universitas Negri Semarang Tahun 2018

Liliweri, A. (2019). Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Nusamedia.
Nazariah. (2022). KONSEP DASAR MATEMATIKA. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Prahmana, R. C. I. (2020). Bahasa Matematis Masyarakat Yogyakarta: Suatu Kajian Etnografi. Jurnal Elemen, 6(2).
Setiawan, D. (2022). SENI KRIYA NUSANTARA. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Siagian, S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan Api Matematika: Membelajarkan Matematika Yang Kreatif Dan Mencerdaskan. Sukabumi: Jejak Publisher
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles