PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK

  • Nurul Khalida IAIN Pontianak
Keywords: model examples non examples, Menulis, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen one group pretest posttest. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) langkah-langkah penggunaan model examples non examples yang tepat dan sesuai dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8. 2) keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 diperoleh pada uji pre-test tidak terdapat peserta didik yang mencapai kategori tuntas dengan presentase 0% memiliki rata-rata 56,91 3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji posttest terdapat 30 peserta didik mencapai kategori tuntas dengan presentase 88,24% dan rata-rata 80,44 serta hasil analisis dari tabel Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa Ha diterima.

Published
2022-12-31
How to Cite
Khalida, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.24260/jpkk.v1i1.1162
Section
Articles