Peran Pengajar Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SDS Assalam Pontianak
Abstract
Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran pengajar dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di sekolah dasar. Kajian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan dengan mengambil sumber data dari pengajar di SDS Assalam Pontianak. Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan pendekatan wawancara. Melalui wawancara, para pengajar dapat berbagi pengalaman, pandangan, dan praktik mereka yang terkait dengan pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa. Data yang terkumpul kemudian akan dianalisis secara mendalam untuk mengungkapkan temuan yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Kesimpulannya pengajar memilki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa dengan menjadi contoh dan teladan bagi siswa serta berkolaborasi dengan orang tua dan rekan pengajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengajar melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa.
References
Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. DIVA Press.
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21, (1), 33-54.
Hadi, Mega Kesuma, Waspodo, Ridha Taqwa. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Puri Fathonah Bandar Lampung. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7 (2), 286-300.
Husain, I. (2018). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Raja Grafindo Persada.
Muhyidin Nurzaelani, M. (2017). Peran Guru dalam Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1): 45-68.
Mujahidah, Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas. Lentera, 70 (2), 171-185.
Nisa’, Afifah Khoirun. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SDIT Ulul Albab Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 8, (2), 13-22.
R, Dinda Salsa Meika, Elpri Darta Putra. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26, (3), 346-354.
Rosela, Ganes Gunansyah. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 10, (5), 1450-14561.
Salsabila, Unik Hanifah. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7 (1), 139-158.
Utami, T., & Susanti, D. (Tidak diterbitkan). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar.
Yuliawan, Dhedy, Taryatman. (2020) . Pendidikan Karakter Dalam Kajian Teori Ekologi Perkembangan. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 7 (1), 1050-157.