Peran Pengajar Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SDS Assalam Pontianak

Authors

  • Desti Karisma SDS Assalam Pontianak
  • Fitri Andini IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/jpkk.v3i2.1662

Keywords:

Peran Pengajar, Membentuk Karakter, Peduli Lingkungan

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran pengajar dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di sekolah dasar. Kajian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan dengan mengambil sumber data dari pengajar di SDS Assalam Pontianak. Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan pendekatan wawancara. Melalui wawancara, para pengajar dapat berbagi pengalaman, pandangan, dan praktik mereka yang terkait dengan pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa. Data yang terkumpul kemudian akan dianalisis secara mendalam untuk mengungkapkan temuan yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Kesimpulannya pengajar memilki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa dengan menjadi contoh dan teladan bagi siswa serta berkolaborasi dengan orang tua dan rekan pengajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengajar melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Karisma, D., & Andini, F. (2023). Peran Pengajar Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SDS Assalam Pontianak. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 2(3), 139–145. https://doi.org/10.24260/jpkk.v3i2.1662

Issue

Section

Articles