STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI PEMBELAJARAN SKI KELAS V UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN

Authors

  • Sapna Khoiriyah UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif'iyati UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i1.4264

Keywords:

Model,, SKI,, Aktifitas,

Abstract

Strategi guru dalam menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di tingkat SD/MI khususnya kelas 5 guna meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. PBL merupakan metode yang memanfaatkan masalah kehidupan nyata sebagai latar belakang  untuk melatih siswa dalam berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah. Sebagai seorang pendidik, guru berperan penting untuk mewujudkan lingkungan belajar yang efektif dan memfasilitasi interaksi yang positif antara siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL, yang dipadukan dengan penggunaan media seperti video dan PowerPoint, dapat meningkatkan partisipasi siswa secara signifikan. Dengan mengelompokkan siswa dan mendorong diskusi serta presentasi kelompok, metode ini berhasil menjadikan pembelajaran lebih berpusat pada siswa, sehingga memfasilitasi kemandirian dan antusiasme mereka dalam belajar. Hasil menunjukkan bahwa PBL berkontribusi baik terhadap keterlibatan siswa dan efektivitas proses pembelajaran.

Teacher strategies in implementing the Problem Based Learning (PBL) model at the elementary school level, especially grade 5, to increase student participation in the learning process. PBL is a method that utilizes real-life problems as a background to train students in critical thinking and problem-solving skills. As an educator, teachers play an important role in creating an effective learning environment and facilitating positive interactions between students. This study shows that the implementation of the PBL model, combined with the use of media such as video and PowerPoint, can significantly increase student participation. By grouping students and encouraging group discussions and presentations, this method successfully makes learning more student-centered, thus facilitating their independence and enthusiasm in learning. The results show that PBL contributes well to student engagement and the effectiveness of the learning process.

References

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Pekanbaru: Aswaja Pressindo. https://repository.uin-suska.ac.id/10368/1/Model%20Pembelajaran.pdf

Inayah, Nurul, dkk. (2024). PROBLEMATIKA PELAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Maluku Utara: Jurnal Pendidikan Guru Matematika. file:///home/chronos/u-c534e4d1626f3fc387f35414ad2e1a1b5c653e30/MyFiles/Downloads/8176-23999-1-PB.pdf

Isnanto, I., Pomalingo, S., & Harun, M. N. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ glasser/article/view/392

Lamatenggo, Nina. (2020). Strategi Pembelajaran. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/viewFile/397/360

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/296

Nurmalasari, & Neneng. (2019). Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.260

Rahman, A. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset. Guepedia.

Sari, Maya, & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307

Setiawan, Bramianto, S. H., Irianto, A., & Rusminati, S. H. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.

Suryani, Hamidah, & Syamsidah. (2018). BUKU MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Sleman: CV Budi Utama. https://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku%20Model%20Problem%20Based%20Learning_Watermark.pdf

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif konsep, Prinsip dan Operasionalnya (A. Tanzeh (ed.)). Akademia Pustaka.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Khoiriyah, S., & Rif’iyati, D. (2025). STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI PEMBELAJARAN SKI KELAS V UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 4(1), 36–45. https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i1.4264

Issue

Section

Articles