ANALISIS EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Nur Afifah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif'iyati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i1.4265

Keywords:

Effective, Role Playing, Motivation

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas metode role playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Studi ini mengevaluasi seberapa efektif metode role playing dalam meningkatkan semangat belajar siswa di bidang Sejarah Kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan cara mempelajari berbagai sumber, baik yang primer maupun   sekunder.   Temuan   menunjukkan   bahwa   motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode role playing mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan metode lainnya. Kenaikan motivasi ini terlihat melalui peningkatan partisipasi aktif, minat, semangat belajar, dan kepercayaan diri siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa metode role  playing  memiliki  potensi  sebagai  pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Sejarah Kebudayaan Islam. Banyak manfaat yang didapat siswa, yang tentunya akan memberikan dampak positif selama proses belajar.

This study evaluates how effective the role playing method is in increasing students' enthusiasm for learning in the field of Islamic Cultural History. The method used in this study is qualitative by studying various sources, both primary and secondary. The findings show that students' learning motivation taught using  the  role  playing method has increased significantly compared to learning Islamic Cultural History using other methods. This increase in motivation can be seen through increased active participation, interest, enthusiasm for learning, and students' self-confidence. These results indicate that the role playing method has the potential as an effective learning approach to increase students' motivation for learning in Islamic Cultural History. There are many benefits for students, which of course will have a positive impact during the learning process.

References

Biantara, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blondo 3 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ikhwani, Oktavianto, dkk. (2018). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG PALEMBANG KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Palembang: Jurnal Pendidikan.

Firosalia, Kristin. (2018). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Kudus: Jurnal Refleksi Edu Katika.

Madyawati, Lilis. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di abad global. Malang: Uin Maliki Press.

Nurul, R. (2009). Metode Mengajar Dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta. Wahyudin, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penanda Media Group.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Afifah, N., & Rif’iyati, D. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 4(1), 26–35. https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i1.4265

Issue

Section

Articles