Ada Grill Marketing Strategy In 2023
Abstract
Ada Grill is a business engaged in the culinary field. The purpose of this research is to find out the internal and external factors, understand the strategies used and find out the right strategy that Ada Grill can use in the coming 2023 after covid 19. Data obtained from this research through observation and interviews. While the analysis method used in this research is SWOT analysis. The results showed that the internal strength factor was at a value of 2.33 and the weakness factor was 0.63. Thus the difference obtained is 1.7. Furthermore, the external factor opportunity is 2.00 and the external factor threat is 1.08 so that the difference obtained from opportunities and threats is 1.33. According to the results of the SWOT matrix 4K is in quadrant I position which means that Ada Grill can take advantage of existing opportunities by using strengths. According to the IE matrix, the results of internal factors are 2.97 and the results of external factors are 3.08, indicating that the position is in cell no.2. The marketing mix strategy used by Ada Grill is considered to be able to increase product sales and make a profit. Alternative strategies suggested to Ada Grill are market penetration, market development, development of goods and services.
Ada Grill merupakan usaha yang bergerak pada bidang kuliner. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal, memahami strategi yang digunakan dan mengetahui strategi yang tepat yang dapat digunakan Ada Grill pada tahun 2023 yang akan datang pasca covid 19. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal kekuatannya pada nilai 2,33 dan faktor kelemahan di angka 0,63. Dengan demikian selisih yang diperoleh ialah 1,7. Selanjutnya Peluang faktor eksternal yaitu 2,00 dan ancaman faktor ekternal ancaman di angka 1,08 sehingga selisih yang diperoleh dari peluang dan ancaman adalah 1,33. Menurut hasil matriks SWOT 4K berada pada posisi kuadran I yang artinya Ada Grill dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan kekuatan. Menurut matriks IE hasil faktor internal yaitu 2,97 dan hasil faktor ekternal 3,08 menunjukkan bahwa posisinya berada pada sel no.2. Strategi bauran pemasaran yang digunakan Ada Grill dinilai dapat meningkatkan penjualan produk dan memperoleh keuntungan. Strategi alternatif yang disarankan kepada Ada Grill adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan barang dan jasa.
Downloads
References
Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31311/JECO.V1I2.1332
Faruq, M. A., & Usman, I. (2016). Penyusunan Strategi Bisnis Dan Strategi Operasi Usaha Kecil Dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors Di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 7(3), 173– 198. https://doi.org/10.20473/jmtt.v7i3.2710
Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 16–34. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1037
Ibrahim, A. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas dari Kinerja Operasional pada Industri Ekstrakif di Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 4(2), 859–869. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/13279/12864
Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250
Munawar, S., & Nurhakim, L. (2010). Analisis Perumusan Strategi Pada Unit Bisnis Perusahaan Umum Perhutani Garut.
Nourlette, R. R., & Hati, S. W. (2017). Determination of Strategy with Analysis Approach in Business Competition. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 82.
Rusidi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 49–54.
Sastika, Y. P. & W. (2019). Usulan Strategi Pemasraan Pada PT Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisisi SWOT Matriks IFAS EFAS Tahun 2019. E-Proceeding of Applied Science, 5(22), 909–918.
Sugianto, C. A., & Hongdiyanto, C. (2017). Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM Pada Bisnis Sambal Noesantara. Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 2(1), 106–115.
Yulita, Y., & Gunawan, C. I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional Untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 37. https://doi.org/10.33366/ref.v7i1.134
Copyright (c) 2023 Afifatus Sholikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.