Strategi Usaha melalui Kerjasama dan Promosi untuk meningkatkan Penjualan dan Daya Saing Ikan Cupang di UMKM EA Betta Fish

Authors

  • M. Ubaidillah Ridwanulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri https://orcid.org/0000-0002-0415-8724
  • Tina Nur Fitriana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Silfiyana Rahmawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Aisyah Azzahro Kurnia Putri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.24260/aktiva.v2i2.2761

Keywords:

Strategy, Collaboration, Promotion, Sales of Betta fish, Strategi, Kerjasama, Promosi, Penjualan Ikan Cupang

Abstract

Purpose: This research aims to determine the business strategy implemented by SME EA Betta Fish, which is able to survive in building entrepreneurship in the field of Betta Fish and is even able to win the competition between SMEs.
Design/methodology/approach: The research method used is the descriptive qualitative method.
Research Findings: The business strategy used is the production of high-quality Betta fish seeds, conventional and online promotions, collaborating with various parties such as Betta fish collectors and the IPB campus to manage the correct and quality fish, and building branding by participating in fish contests.
Contribution/Originality/Novelty: Strategies for Winning Betta fish contests in various regions can be used to build the EA Betta Fish MSME entrepreneurial brand. As a result, sales volume increased and reached overseas, and turnover reached tens of millions of rupiah each month.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi usaha yang diimplemetasikan UMKM EA Betta Fish yang mampu bertahan dalam membangun wirausaha di bidang ikan cupang dan bahkan mampu memenangkan persaingan antar UMKM.  
Desain / metodologi / pendekatan: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. 
Temuan Penelitian: Strategi usaha yang dilakukan menggunakan Produksi bibit ikan cupang dengan kualitas tinggi, promosi secara konvensional dan online, bekerjasama dengan berbagai pihak seperti penjual pengepul ikan cupang dan pihak kampus IPB untuk mengelola ikan yang benar dan berkualitas, serta membangun branding dengan mengikuti kontestasi ikan cupang.
Kontribusi / Orisinalitas / Kebaruan: strategi memenangkan kontestasi ikan cupang di berbagai daerah dapat digunakan membangun branding wirausaha UMKM EA Betta Fish. Hasilnya volume penjualan meningkat dan tembus hingga keluar negeri dan omzet yang diperoleh mencapai puluhan juta rupiah dalam tiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Ridwanulloh, M. U., Fitriana, T. N., Rahmawati, S., & Putri, A. A. K. (2024). Strategi Usaha melalui Kerjasama dan Promosi untuk meningkatkan Penjualan dan Daya Saing Ikan Cupang di UMKM EA Betta Fish. AKTIVA: Journal of Accountancy and Management, 2(2), 131–146. https://doi.org/10.24260/aktiva.v2i2.2761