Strategi Usaha melalui Kerjasama dan Promosi untuk meningkatkan Penjualan dan Daya Saing Ikan Cupang di UMKM EA Betta Fish
Abstract
Purpose: This research aims to determine the business strategy implemented by SME EA Betta Fish, which is able to survive in building entrepreneurship in the field of Betta Fish and is even able to win the competition between SMEs.
Design/methodology/approach: The research method used is the descriptive qualitative method.
Research Findings: The business strategy used is the production of high-quality Betta fish seeds, conventional and online promotions, collaborating with various parties such as Betta fish collectors and the IPB campus to manage the correct and quality fish, and building branding by participating in fish contests.
Contribution/Originality/Novelty: Strategies for Winning Betta fish contests in various regions can be used to build the EA Betta Fish MSME entrepreneurial brand. As a result, sales volume increased and reached overseas, and turnover reached tens of millions of rupiah each month.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi usaha yang diimplemetasikan UMKM EA Betta Fish yang mampu bertahan dalam membangun wirausaha di bidang ikan cupang dan bahkan mampu memenangkan persaingan antar UMKM.
Desain / metodologi / pendekatan: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif.
Temuan Penelitian: Strategi usaha yang dilakukan menggunakan Produksi bibit ikan cupang dengan kualitas tinggi, promosi secara konvensional dan online, bekerjasama dengan berbagai pihak seperti penjual pengepul ikan cupang dan pihak kampus IPB untuk mengelola ikan yang benar dan berkualitas, serta membangun branding dengan mengikuti kontestasi ikan cupang.
Kontribusi / Orisinalitas / Kebaruan: strategi memenangkan kontestasi ikan cupang di berbagai daerah dapat digunakan membangun branding wirausaha UMKM EA Betta Fish. Hasilnya volume penjualan meningkat dan tembus hingga keluar negeri dan omzet yang diperoleh mencapai puluhan juta rupiah dalam tiap bulannya.
Downloads
References
Abidin, Z., & Puspitasari, H. P. (2018). Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press.
Alfi, M. N. (2020). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN IKAN CUPANG HIAS: Nusantara Journal of Community Engagement, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.2020/njce.v1i2.3838
Anisa, A. T. N., & Mustofa, N. H. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening: SKETSA BISNIS, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.35891/jsb.v8i2.2687
Arifin, Z. (2024). PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKATMELALUI KELOMPOK TERNAK IKAN CUPANG HIASDI RT 13 RW 03 KALISARI PASAR REBO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.62017/jpmi.v1i3.839
Awaludin, A., Maulianawati, D., & Adriansyah, M. (2019). Potensi Ekstrak Etanol Seledri (Apium graveolens) untuk Maskulinisasi Ikan Cupang (Betta sp). Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2019.Vol.3.No.2.87
Baihaqi Dz, A. (2021). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Ikan Cupang (Betta Sp) Di Kota Makassar [PhD Thesis, Universitas Hasanuddin]. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/16257/
Bungin, B. (2007). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer.
Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132
Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU: IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. Neo-Bis, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472
Diani, S., & Sunyoto, P. (2005). USAha Pembenihan Ikan Hias Cupang (Betta Splenders) di Kabupaten Serang. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 8(2), 125133.
Dianta, A. F., & Cindertama, T. A. (2018). Aplikasi e-Marketplace untuk Penjualan Ikan Cupang Berbasis Web. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Terintegrasi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33795/jindeks.v3i1.114
Edy, I. C., Marsono, S., & Utama, H. B. (2019). Penciptaan Calon Wirausaha” Dalam Rangka Optimalisasi Potensi Daerah Yang Dapat Digunakan Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi. WASANA NYATA, 3(1), 56–61. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i1.469
Ekoprasetyo, E. P. B. A. (2021). CERTAINTY FACTOR METHOD DALAM PENENTUAN PENYAKIT IKAN CUPANG BERBASIS WEB. Jurnal Portal Data, 1(1), Article 1. http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/18
Fauzi, S. M., & Wahyuddin, M. I. (2022). Penerapan Rapid Application Development (RAD) Dalam Pengembangan Aplikasi Penjualan Ikan Cupang Hias Berbasis Web. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3555
Graha, A. N. (2011). PERANAN UKM MENJALIN KEMITRAAN GUNA MEMPERLUAS JARINGAN, PENGEMBANGAN MEDIA DAN SARANA BERBISNIS. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 7(1), Article 1.
Haries, T. M., Jemmy, J., Husnan, R., & Friadi, J. (2021). Pengembangan E-Commerce UMKM Ikan Cupang Hias AJO BETA dengan Metode SWOT. Zona Teknik: Jurnal Ilmiah, 15(2), 36–40. https://doi.org/10.37776/zt.v15i2.814
Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225
Hasyim, I., Zzulfa, Z., & Lukmana, A. R. (2023). DIGITALISASI EKONOMI UMKM BERBASIS KEMASYARAKATAN. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 217–224. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.120
Liaunardy, R. R., Hari, Y., & Darmanto, D. (2021). Rancang Bangun E-Marketplace Untuk Eskalasi Penjualan Ikan Cupang Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(0), Article 0.
Manggu, B., & Beni, S. (2021). ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN PROMOSI PEMASARAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UMKM KOTA BENGKAYANG. Sebatik, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
Maulana, F. (2019). Pendidikan Kewirausahaan dalam Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.23
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.
Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616
Nindyakirana, R. H., & Maftukhah, I. (2016). Membangun Emosi Positif melalui Promosi Penjualan dan Lingkungan Toko Dampaknya terhadap Impulse Buying. Management Analysis Journal, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.15294/maj.v5i4.5570
Noerpratomo, A. (2018). PENGARUH PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DI CV. BANYU BIRU CONNECTION. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36555/almana.v2i2.131
Nurhayani, Akbar, M., Damayanti, Rahmatullah, & Syarigawir. (2021). Kewirausahaan Ditengah Revolusi Industri 4.0: Teori Dan Konsep Tinjauan Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v6i1.586
Nurhayati, S., & Ardianingsih, A. (2021). ANALISIS DIGITALISASI PEMASARAN BERBASIS SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI PEKALONGAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1), 66–74. https://doi.org/10.31941/jebi.v24i1.1390
Nurimani, G. S. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 59–62. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.1007
Pahira, G., Kusuma, R. P., & Suhendar, H. (2022). PERANCANGAN DESAIN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE KREATIF SEBAGAI PROMOSI BRAND PRODUK (STUDI KASUS: GIFA GROUP). Jurnal Digit : Digital of Information Technology, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.221
Pamungkas, H. A., & Hidayatulloh, A. (2019). Faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta. Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.30872/jinv.v15i1.4940
Prameswari, N. S. (2018). STRATEGI BRANDING MELALUI INOVASI DESAIN KEMASAN BAGI HOME INDUSTRY SABUN CAIR. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 3(02), 179–198. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1547
Prasvita, D. S., Julian, J., Rialmi, Z., & Wahyuni, F. (2022). Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Indogalaxy di Kelompok Budidaya Ikan Cambetta Cipulir dan Betta Fish As. ABDIKOM : Jurnal Ilmu Komputer, 1(1), Article 1. https://ejournal.upnvj.ac.id/abdikom/article/view/5152
Pratiwi, S., Febriyani, N. N., & Sulaiman, A. N. B. (2021). PROMOSI PROSES BUDIDAYA IKAN CUPANG GALAWARNA DI MASA PANDEMI. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/11105
Purwanto, E. (2020). ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30871/jama.v4i2.2402
Putri, I. G. A. A. A., Rahmat, F. N., Fitrianto, A., & Nugroho, D. S. (2023). Perancangan Brand Guideline Sebagai Strategi Promosi Produk Libong Coffee. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.5171
Rahmatdhan, D., & Gunawan, D. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN IKAN CUPANG BERBASIS WEB DI LABETTA SOLO. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1173
Sari, M., Hasanuddin, & Aditya, R. (2018). PENGENALAN IKAN CUPANG (BETTA FISH) MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v3i1.25
Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4864
Siregar, A., Syaifudin, M., & Wijayanti, M. (2018). MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta splendens) MENGGUNAKAN MADU ALAMI MELALUI METODE PERENDAMAN. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.36706/jari.v6i2.7158
Solihin, O. (2023). TRANSFORMASI BUDAYA DIGITAL: INTERAKSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENJUAL DAN PEMBELI. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 29(1), Article 1. https://doi.org/10.33751/wahana.v29i1.8500
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D (Catatan Ke). Yogyakarta. https://scholar.google.com/scholar?cluster=13998996357027442118&hl=en&oi=scholarr
Sumari, S., & Putri, J. A. (2022). Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran dan Modal Usaha terhadap Keberhasilan Usaha (Studi UMKM Kuliner Wilayah Kecamatan Tanjung Priok—Jakarta Utara). IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), Article 3.
Tambunan, T. T. H. (2021). UMKM Di INDONESIA: Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Prenada Media.
Triwidatin, Y., & Hutomo, Y. P. (2022). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(10), Article 10. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i10.1482
Yulita, R. (2021). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KELURAHAN TANGKERANG BARAT, KECAMATAN MARPOYAN DAMAI. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.56445/jppmj.v1i1.1
Copyright (c) 2024 M. Ubaidillah Ridwanulloh, Tina Nur Fitriana, Silfiyana Rahmawati, Aisyah Azzahro Kurnia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.