SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA MAHASISWA

Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematika Mahasiswa

  • Putri Wardani
  • Rusi Ulfa Hasanah
  • Muhammad Rifai UIN Sumatera Utara Medan

Abstract

Adanya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar  kemampuan pembuktian matematika mahasiswa. Belakangan ini dapat kita lihat mahasiswa jurusan matematika banyak yang mengalami kesulitan dalam membuktikan matematika, baik diselesaikan secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review yang diambil dari beberapa jurnal terbitan 2018-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuktian matematika mahasiswa belum tercapai secara keseluruhan. Dikarenakan dari beberapa mahasiswa tidak mengetahui dasar-dasar konsep matematika, sehingga langkah-langkah pembuktiannya tidak dapat diselesaikan dengan benar. Namun beberapa dari mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi sudah dapat menyelesaikan dengan benar, hanya saja pengerjaannya tidak dilakukan secara sistematis.

References

Afandi, A., & Angkotasan, N. (2021). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Deduktif pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2).

Angraini, L. M., Sundawan, M. D., & Noto, M. S. (2019). Analisis proses berpikir menyusun bukti matematis mahasiswa calon guru pada mata kuliah struktur aljabar. Euclid, 6(2), 189-197.

Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic literature review: kemampuan pembuktian matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 240-254.

Erawati, N. K., & Purwati, N. K. R. (2020). Kemampuan Pembuktian Matematika Berdasarkan Gender Dan Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 109-120.

Firmasari, S., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan induksi matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 1-9.

Fitriani, F., & Siahaan, M. M. L. (2022). Deskripsi kemampuan pembuktian langsung mahasiswa pada matakuliah analisis variabel riil. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 112-121.

Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2020). Analisis kemampuan pembuktian matematis parabola menggunakan guided learning berdasarkan tingkat resiliensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2(2), 121-130.

Khusna, H., & Miatun, A. (2024). Self Regulated Learning sebagai Prediktor Kemampuan Pembuktian Matematis Calon Guru Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 9(2), 131-140.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta:Deepublish

Matitaputty, C. (2020). Persepsi mahasiswa dalam memvalidasi bukti matematis. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(2), 60-65.

Mujib, A. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis: Problem matematika diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.

Multahadah, C. (2022). Kemampuan pembuktian matematis mahasiswa matematika pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Gamma-Pi, 4(01), 36-40.

Nuraeni, F. (2020). Kemampuam-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Jawa Barat: UPI Sumedang Press

Santosa, C. A. H. (2013). Mengatasi kesulitan mahasiswa ketika melakukan pembuktian matematis formal. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 152-160.

Published
2024-06-29
Section
Articles