Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Mobile Banking dan E-Wallet

Studi Kasus IAIN Syekh Nurjati Cirebon

  • Aditya Tri Saputra IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
  • Abdul Muizz AWKA
  • Abdul Ghoni

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari 3 variabel yaitu persepsi kemudahan, manfaat dan risiko terhadap minat siswa menggunakan Mobile banking dan/atau E-wallet. Mobile banking adalah merupakan pengembangan dari salah satu digitalisasi perbankan dan E-wallet merupakan jenis dari Financial Technology yang memungkinkan untuk memudahkan segala bentuk transaksi tanpa perlu memakan banyak waktu dan tenaga.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Angkatan 2020. Diperlukan sampel sebanyak 65 responden dengan jenis Purpose Sampling. Kemudian data diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 25 dengan analisis data yang terdiri dari uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, uji T dan F.

Hasil penelitian ini adalah persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat pengguna Mobile banking dan/atau E-wallet, sedangkan kemudahan dan risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna Mobile banking dan/atau E-wallet dan secara bersama-sama persepsi kemudahan, manfaat dan risiko berpengaruh terhadap minat menggunakan Mobile banking dan/atau E-wallet.

 

Author Biographies

Abdul Muizz AWKA

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah guna mengetahui dan menganalisa pengaruh dari 3 variabel yaitu persepsi kemudahan, manfaat dan risiko terhadap minat mahasiswa menggunakan Mobile banking dan/atau E-wallet. Mobile banking ialah merupakan pengembangan dari salah satu digitalisasi perbankan dan E-wallet merupakan jenis dari Financial Technology yang dimana memungkinkan untuk memudahkan segala bentuk transaksi tanpa perlu memakan banyak waktu dan tenaga.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Angkatan 2020. Diperlukan sampel sebanyak 65 responden dengan jenis Purpose Sampling. Kemudian data diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 25 dengan analisis data yang terdiri dari uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, uji T dan F.

Hasil penelitian ini ialah persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat pengguna Mobile banking dan/atau E-wallet, sedangkan kemudahan dan risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna Mobile banking dan/atau E-wallet dan secara bersama-sama persepsi kemudahan, manfaat dan risiko berpengaruh terhadap minat menggunakan Mobile banking dan/atau E-wallet.

Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Manfaat, Risiko, Financial Technology

 

Abdul Ghoni

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah guna mengetahui dan menganalisa pengaruh dari 3 variabel yaitu persepsi kemudahan, manfaat dan risiko terhadap minat mahasiswa menggunakan Mobile banking dan/atau E-wallet. Mobile banking ialah merupakan pengembangan dari salah satu digitalisasi perbankan dan E-wallet merupakan jenis dari Financial Technology yang dimana memungkinkan untuk memudahkan segala bentuk transaksi tanpa perlu memakan banyak waktu dan tenaga.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Angkatan 2020. Diperlukan sampel sebanyak 65 responden dengan jenis Purpose Sampling. Kemudian data diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 25 dengan analisis data yang terdiri dari uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, uji T dan F.

Hasil penelitian ini ialah persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat pengguna Mobile banking dan/atau E-wallet, sedangkan kemudahan dan risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna Mobile banking dan/atau E-wallet dan secara bersama-sama persepsi kemudahan, manfaat dan risiko berpengaruh terhadap minat menggunakan Mobile banking dan/atau E-wallet.

Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Manfaat, Risiko, Financial Technology

 

References

Daftar Pustaka
Iksan, Sohibul. (2022). Analisis Persepsi Nasabah Pada Fitur Layanan dan Pelayanan di Aplikasi BSI Mobile dan M-Syariah.
Rahma, Nur, Fitriana. (2022). Pengaruh Fitur Pelayanan dan Risiko Terhadap kepuasan mahasiswa Menggunakan layanan Mobile Banking di Bank Syariah.
Arkhiansyah, Bastari, Topan, M. (2021). Penerapan Digital Marketing Melalui Sosial Media saat Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Pemasaran Syariah di Grosir Bang Iyuz.
Aini, R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (FINTECH) (studi kasus pada mahasiswa FEBI IUN Raten Fatah Palembang).
Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi.Anzelin, D. P. (2020). Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Dalam Penggunaan Financial Technology (FINTECH) Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Respository UIN AR-Raniry Banda Aceh.
Ariani, M., & Zulhawati. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Line Pay. Jurnal Conferense on Management and Behavioral Studies, Universitas Tarumanegara, Jakarta ISSN 2541-3406 e-ISSN 2541-285x.
Bank Indonesia. (2016). Surat edaran No.18/22/DKSP “Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital”. Retrieved from https://www.bi.go.id/elicensing/helps/SE_182116-Emoney.pdf
Bank Indonesia. (2017). Penyelenggaraan Teknologi Financial. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/financial-technology/default.aspx
Bank Indonesia. (2018). Mengenail Financial Teknologi. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx
Chuang, & Li-Min. (2016). The Adoption of Fintech Service: TAM Perspective. Taiwan: International Journal of Management and Administrative Sciences.Davis, F. D. (1989). Measurement Scales
DSN-MUI. (2017). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah.
DSN-MUI. (2018). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 117/DSN-MUI/II/2018 Tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.
Fadhli, M. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking. Jurnal Ekonomi Keuangan Unsyiah.
Lasiyono, U., & Prabowo, T. A. (2020). Pengaruh Kemudahan, Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Belanja Online Dalam Menggunakan E-Commerce Shopee di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Taman Sidoarjo. Juornal of Sustainability Business Research Vol.1 No.1 ISSN: 2746-8607.
Hiyanti, H., Nugroho, L., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2019). Peluang dan Tantangan Financial Technology (Fintech) Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol.5 no.3 ISSN:2477-6157; E-ISSN 2579-6534, 326-333.
Immawati, S. A., & Dadang. (2019). Minat Masyarakat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology ( Fintech ) Di Kota Tangerang . Jurnal Simposium Nasional Multidisiplin, 1-8.
Khoiriyah, I., Kusumawati, D. A., & Indriasari, I. (2020). Analisis Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (FinTech) di Jawa tengah. Satbility: Jurnal of Management dan Business Vol.3 No.2 ISSN: 2621-850x E-ISSN: 2621-9565.
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol.3.
Marcheline, D., & Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Pada Pengguna E-Money data Palembang).
Muzdalifa, Rahma, & Novalia. (2018). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Inklusif Keuangan Pada Umkm Di Indonesia. Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1–24.
Nurdin, Azizah, W. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahaan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah vol.2 No.2, 200-2222.
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-Nomor-77-POJK.01-2016/SAL%20-%20POJK%20Fintech.pdf
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18/SEOJK.02/2017. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/surat-edaran-ojk-dan-dewan-komisioner/Pages/SEOJK-Tata-Kelola-dan-Manajemen-Risiko-Teknologi-Informasi-pada-Layanan-Pinjam-Meminjam-Uang-Berbasis-Teknologi-Informasi.aspx
Otoritas Jasa Keuangan. (2018). C. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan . Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Documents/Pages/Inovasi-Keuangan-Digital-di-Sektor-Jasa-Keuangan/pojk%2013-2018.pdf
Ramadhani, N. I. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Manfaat, Dan Risiko Investasi Terhadap Minat Investasi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Jurnal USU, fakultas ekonomi dan bisnis.
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Jakarta: Kompas.co
Rodiah, S., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education Entrepreneurship Vol.1 No.2 https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293.
Rohila, & Yusuff, M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (FINTECH) . Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, dan Perseppsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan E-Money Pada Bank BRI Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi Vol.II No.2 ISSN 2502-3764.
Saksonova, S., & Marlino, I. K. (2017). Fintech as Financial Inovation-the possibilities and problems of Implementation. European studies research journal vol. XX, issue 3A.
Novitasari, & Vidyasari, R. (2018). AnalisaPengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Jurnal ekonomi dan bisnis Vol.18 No.2, 126-134.
Setiawan, A., Rofingatun, S., & PM-Bankinga, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Efektivitas, Risiko Terhadap Minat Dan Penggunaan Financial Technologi (Fintech) Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah Vol.15, No2, 35-48.
Sisca, Karnia, Putri. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko Terhadap Minat menggunakan Fintech Pada Masyarakat Kota Banda Aceh.
Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet dan PersepsiManfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO.
Sujarweni, V. W. (2015). Metedologi Penelitian Bisnis & Ekonomi.Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Thoha, M. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Walgito, B. (2010). Pengantar Umum Psikologi. Yogyakarta: Andi Offest.
Wildan, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransasksi Menggunakan Financial Technology (FIntech). Jurnal Ekonomi UIN Walisongo Semarang.
Yanto, W., Baskoro, E., & Fitriani. (2020). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Minat Pemakaian Financial Technology Pada Aplikasi OVO Sebagai Digital Payment. Jurnal Akuntansi AKTIVA Vol.1 No.1.
Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan; Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Management Vol.6 No.4 ISSN Online 2337-3792 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Published
2024-08-19
How to Cite
Saputra, A., AWKA, A., & Ghoni, A. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Mobile Banking dan E-Wallet. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(1), 75-104. https://doi.org/10.24260/jkubs.v3i1.2850
Section
Articles