STRATEGI KOMUNIKASI PENGIDAP MRKH SYNDROME SEBAGAI SARANA KNOWLEDGE SHARING MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK
(Tinjaun Etnografi Virtual pada Akun @ani_ompong)
DOI:
https://doi.org/10.24260/joisco.v2i2.3350Kata Kunci:
Sindrom MRKH, Knowledge Sharing, Komunikasi, TikTokAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membedah ciri-ciri perempuan pengidap Sindrom MRKH yang dialami oleh salah satu content creator yang bernama @ani_ompong serta menjelaskan lebih dalam strategi komunikasi yang digunakan dalam memberikan knowledge sharing kepada masyarakat luas tentang Sindrom MRKH melalui media sosial TikTok. Metode penelitian menggunakan metode etnografi virtual. Pengumpulan data diperoleh berasal dari observasi dan dokumentasi dari akun @ani_ompong. Data-data pendukung juga didapatkan dari literatur terkait serta platform online lain. Hasil dari penelitian menjelaskan tentang ciri-ciri yang dialami oleh pemilik akun @ani_ompong sebagai seorang pengidap Sindrom MRKH seperti tidak memiliki Rahim, tidak mengalami siklus mens, hingga tidak berkembangnya lubang vagina. Serta strategi komunikasi yang digunakan akun @ani_ompong dalam memberikan knowledge sharing di media sosial TikTok adalah dengan melakukan atraksi-atraksi, lelucon, hingga penggunaan Bahasa Jawa dalam menyampaikan edukasi tentang Sindrom yang dialaminya. Pemilik akun juga mendapatkan pemasukan yang lumayan besar dari viralnya konten-kontennya sekaligus sering mendapatkan tawaran untuk melakukan endorsement dan paid promote.
Kata Kunci: Komunikasi, Sindrom MRKH, Knowledge Sahring, TikTok