https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/issue/feed JOISCO 2024-07-05T03:14:12+00:00 Muhammad Khalil Gunawan, M.I.Kom gunawanmuhammadkhalil507@gmail.com Open Journal Systems <p>JOISCO: Jurnal Ilmu Komunikasi Islam menyediakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan analisis reflektif bagi praktisi dan akademisi, yang diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan teori dan memperkenalkan konsep-konsep baru di bidang komunikasi Islam dalam perspektif yang luas; Retorika, Fotografi, Film, Jurnalistik Islam, Media Dakwah, dan Komunikasi Profetik, Humas, Jurnalistik dan Penyiaran. Jurnal JOISCO terbit secara berkala dalam kurun waktu 6 bulan: Juni dan Desember. Setiap makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh pengulas. Proses review menggunakan <em>double-blind</em> review dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis tidak mengetahui identitas reviewer.</p> https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/article/view/2514 EFEKTIFITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PLATFORM JUAL BELI ONLINE AYAM LUMION 2024-06-29T22:37:32+00:00 Monallisa lisya lisasmp19d@gmail.com <p><em>Penelitian ini membahas tentang efektivitas media sosial instagram sebagai platform jual beli online yang terdapat pada akun instagram ayam lumion. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, a) media sosial Instagram sebagai platform penjualan Ayam Lumion b) strategi pemasaran pada akun Instagram Ayam Lumion? c) efektivitas penggunaan Instagram. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori Teori Uses and Gratification untuk mengkajinya. Jenis penelitian ini ialah field research menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dan observasi pada postingan yang ada di akun instagram Ayam Lumion. Seperti men screenshot beberapa postingan yang ada pada akun Instagran Ayam Lumion. Adapun data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui tahapan display, reduksi data dan sampai di penarikan kesimpulan. Langkah ini mengikuti dari Miles, Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. a) media sosial Instagram sebagai platform penjualan Ayam Lumion terbilang efektif yang kini tidak hanya mempunyai toko online akantetapi juga mempunyai toko offline dan kini sudah mempunyai dua cabang yang ada di jalan tanjung raya dua dan jalan swignyo kota pontianak. b) strategi pemasaran pada akun Instagram Ayam Lumion ialah dengan memposting berbagai kegiatan memasak dan berbagai macam varian menu yang tersedia, seperti membuat konten testimoni secara rutin dan aktif dalam membalas pesan dari para konsumen maupun pelanggan yang memberikan penilaian terhadap pesanan ayam lumion yang mereka beli. c) efektivitas penggunaan Instagram berdasarkan Teori Uses and Gratification, di era sekarang ini banyak khalayak yang dimudahkan dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Seiring dengan lajunya perkembangan informasi membuat khalayak lancar mendapatkan berbagai jenis informasi yang tersebar.</em></p> 2024-06-13T03:51:08+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/article/view/2929 ANCAMAN SOCIAL ANXIETY SEBAGAI DAMPAK SOCIAL COMMUNICATION BAGI GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z INDONESIA 2024-06-29T22:37:32+00:00 Fera Indasari fera.mugh4l@gmail.com Gita Astrid gitaastrid_uin@radenfatah.ac.id Rina Pebriana Rinapebriana_uin@radenfatah.ac.id <p style="font-weight: 400;">Saat ini Indonesia disinyalir memiliki masalah terhadap perkembangan Kesehatan mental dan memiliki gangguan kesehatan mentalnya, gangguan kecemasan yang dihadapi oleh masyarakat secara menyeluruh berada pada angka 3.7% dari seluruh ganggungan Kesehatan jiwa yang mengancam remaja Indonesia yang saat ini dikategorisasi sebagai generasi Z. Selain generasi Z yang terdampak pada gangguan <em>social anxiety</em> adalah generasi Milenial, dan indikasi penyebab utamanya adalah <em>social communication</em> di lingkungan sekitar. tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami realitas sosial yang dikonstruksikan melalui interaksi dan komunikasi di kehidupan sehari-hari masyarakat generasi milenial dan generasi Z sebagai akibat dari <em>social anxiety</em> masyarakat milenial dan Z di Kota Palembang dengan menggunakan <em>self-esteem theory</em>. Topik sensitif seperti pekerjaan, pernikahan, dan gaji, serta topik yang berkaitan dengan komparasi dengan orang lain, bisa memperparah kecemasan sosial yang terjadi. Akibatnya, individu seperti generasi Z dan generasi Y mungkin merasa tidak nyaman, tertekan, malu, trauma, dan dan memiliki self-esteem rendah. Untuk mengatasi kecemasan sosial, beberapa orang mencoba strategi coping seperti menghindari interaksi sosial, mengalihkan pembicaraan, diam, dan merasa tidak layak sehingga memperparah kemampuan bersosialisasi generasi z dan y. Penting bagi keluarga untuk memahami kebutuhan setiap anggota keluarganya tanpa terkecuali. Keluarga selayaknya dapat membangun komunikasi yang terbuka dan saling menghormati Batasan terhadap topik-topik sensitif.</p> <p style="font-weight: 400;">&nbsp;</p> <p style="font-weight: 400;"><strong>Kata Kunci : <em>Social Communication, Social anxiety, Self-esteem theory</em></strong></p> 2024-06-13T04:57:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/article/view/2956 LPM UIN ALAUDDIN MAKASSAR SEBAGAI AGEN SOSIALISASI STILES (STRATEGI KOMUNIKASI DAN TANTANGANNYA) 2024-06-29T22:37:32+00:00 Mudzhira Nur Amrullah Mudzhira.nuramrullah@uin-alauddin.ac.id Iftitah Jafar iftitah.jafar@uin-alauddin.ac.id <p>This paper aims to reveal the strategy of The Center for Quality Assurance (LPM) UIN Alauddin in disseminating STILeS-based subject learning modules. It is a descriptive qualitative method using communication management approach. Data collected through observation, interview, and documentation. Instruments used in this research were observation note, list of interview query, camera, HP and MP4. In analyzing data the researcher used Miles and Hubermen’s method namely data reduction, data display, conclusion drawing and verification. &nbsp;The results showed that in socializing the STILeS, LPM implemented 4 strategies. 1. Conducted training, which consists of two stages, namely the orientation of STILeS design and mentoring its application. 2. Using social media, through address website <a href="http://cequence.uin-alauddin.ac.id/">http://cequence.uin-alauddin.ac.id/</a>Held a scientific seminar. 3. Published STILeS that can be a learning guideline for Lecturers and Students. The challenges faced by LPM in disseminating STILeS: First, in the level of awareness, there are still lecturers who have not applied the learning system. Second, the supporting facilities for learning system still need to be equipped. Third, copying modules especially those held by students, because students must have modules for each programmed course.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/article/view/3009 VIDEO YOUTUBE NAJWA SHIHAB DALAM ANALISIS WACANA KRITIS MENGENAI STEREOTIPE PEREMPUAN 2024-07-05T03:14:12+00:00 Putri syahrani rani syanyputri@gmail.com Sepriadi Saputra sepriadisaputra_uin@radenfatah.ac.id Fera Indasari feraindasari_uin@radenfatah.ac.id <p><em>In the digital era, YouTube has become one of the main platforms for various types of multimedia content, such as interviews, discussions, and talk shows. Najwa Shihab, a renowned journalist and presenter in Indonesia, is one of the popular media figures on YouTube. Najwa Shihab's videos, especially in the series "Susahnya Jadi Perempuan Part 2," often attract attention for discussing gender and women's issues in various social, political, and cultural contexts. This study uses a qualitative method to explain the audience's reception of female stereotypes presented in Najwa Shihab's YouTube video "Susahnya Jadi Perempuan Part 2." The data is presented descriptively qualitatively using critical discourse analysis (CDA) to explain individual perceptions or discourses in the video. This method focuses on critical discourse analysis using Ann Oakley's feminist theory. The study identified several female stereotypes reflected in the video content, indirectly reinforcing and extending harmful gender stereotypes in society.</em></p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/article/view/3097 INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUDAYA BERKAIN BAGI GEN-Z 2024-07-04T08:13:14+00:00 Karunia Putri karuniaputri0604@gmail.com Bob Andrian bobandriansbs@gmail.com <p>Cloth culture is one of the cultural heritages and is now back as a new trend setter among the Indonesian z generation. This is also being promoted by an Instagram account called @remajanusantara_ which wants to evolve Indonesian culture to be attractive and accepted by young people today. In order to realise this goal, they have shared a message to wear cloth as a dressing attribute in all their activities. The message is conveyed through a number of social media content that they create, one of which is on social media Instagram. Departing from this background, this research discusses how the use of Instagram media @remajanusantara_ in promoting the culture of cloth to generation z, namely its followers. This research is a qualitative type with descriptive analysis method through observations on @remajanusantara_ Instagram media account. This observation was carried out with the intention of knowing how influential the Instagram account was on generation z's interest in wearing cloth and in promoting the culture of wearing cloth in any activity in generation z. The results of the discussion concluded that the @remajanusantara_ account has carried out its function as a means of promotion, information, and also education to its followers, most of whom are generation z and also in accordance with the theory used, namely Use And Gratifications Theory.</p> 2024-07-04T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##