PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK MELALUI WORKSHOP PENULISAN JURNAL DI UIN JURAI SIWO METRO LAMPUNG

Authors

  • Robi Nurhadi UIN Jurai Siwo Metro Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i2.4843

Keywords:

Penulisan Jurnal,, Keterampilan Menulis Akademik,, FORDIMA,

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menguraikan secara sistematis pelaksanaan Workshop serta dampaknya. Workshop penulisan jurnal yang diselenggarakan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Jurai Siwo, Metro Lampung bertujuan meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa dalam konteks publikasi ilmiah.Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil Workshop menunjukkan bahwa sebagian besar peserta awalnya menghadapi kesulitan signifikan dalam mengidentifikasi fokus penelitian, menyusun latar belakang, dan mengelola referensi menggunakan aplikasi seperti Mendeley dan Publish or Perish. Namun, melalui metode demonstrasi langsung dan pendampingan personal, Workshop ini berhasil mengatasi tantangan tersebut, membekali peserta dengan keterampilan praktis penulisan, manajemen referensi, pemeriksaan plagiarisme, hingga pemahaman proses publikasi OJS. Kontribusi utama penelitian ini terletak pada penawaran model workshop yang merespons keterbatasan praktik sebelumnya, yaitu kurangnya integrasi antara pelatihan teknis penulisan dengan pemanfaatan aplikasi digital serta dukungan berkelanjutan pasca-pelatihan. Kebaruan penelitian ini tercermin dari rancangan workshop yang tidak hanya melatih keterampilan menulis, tetapi juga mengawal mahasiswa hingga kesiapan publikasi ilmiah. Kegiatan ini berkontribusi pada pengembangan literasi ilmiah mahasiswa dan diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, mendukung kemajuan pengetahuan serta praktik pedagogis di era digital

This study employed a descriptive qualitative approach to systematically examine the implementation of a workshop and its impact. The journal writing workshop, organized by the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training (FTIK) at UIN Jurai Siwo, Metro Lampung, aimed to enhance students’ academic writing skills in the context of scientific publication. Data were collected through interviews, observations, and documentation, and analyzed using Miles & Huberman’s interactive model. The results indicated that most participants initially faced significant difficulties in identifying research focus, composing the background section, and managing references using applications such as Mendeley and Publish or Perish. However, through direct demonstrations and personalized guidance, the workshop successfully addressed these challenges by equipping participants with practical skills in writing, reference management, plagiarism checking, and understanding the OJS publication process. The main contribution of this study lies in offering a workshop model that addresses limitations in previous practices, particularly the lack of integration between technical writing training, digital tool utilization, and sustained post-training support. The novelty of this research is reflected in the workshop design, which not only develops writing skills but also guides students toward readiness for scientific publication. This initiative contributes to the development of students’ scientific literacy and is expected to enhance both the quality and quantity of academic publications, supporting the advancement of knowledge and pedagogical practices in the digital era

References

Budiawan, M. A. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah: Strategi dan Teknik Untuk Penulisan Ilmiah Yang Berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Aplikasinya (JPMSA), 2(1). https://doi.org/10.21009/jpmsa.v2i1.44315

Bustomi, A., Riyanti, R., Fatonah, I., Nurhadi, R., & Istiqomah, L. (2024). Efektivitas Organisasi Siswa pada MAN 1 Lampung Timur terhadap Regenerasi. Bulletin of Asian Islamic Studies, 1(1), 1–13. https://www.researchgate.net/publication/379573645_Efektivitas_ Organisasi_Siswa_Pada_MAN_1_Lampung_Timur_Terhadap_Regenerasi

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. https://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/viewFile/1593/994

Novelty, N., Erpidawati, E., M, Y., Efendi, F., & Ilyas, R. (2025). Pelatihan Penulisan Artikel Ilimah dan Teknik Submite ke Jurnal Open Journal System (OSJ) bagi Mahasiswa. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i1.1104

Nurhadi, R., & Hanafi, M. A. (2025). Pemberdayaan Masyarakat melalui Seni Budaya: Pelatihan Ekstrakulikuler Teater di SMA Negeri 1 Tenggulun, Aceh Tamiang. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32332/vmy0xz98

Prasetyo, D., Hanim, S. A., Fitrianita, I., Haqiqi Ma’mun, A., & Ahmad, Z. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbantu Aplikasi Mendeley Dan Turnitin Untuk Publikasi Internasional Terindeks Scopus. Communnity Development Journal, 5(6), 11023–11026. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37345

Ridho, M., & Damanik, A. (2023). Mengungkap Esensi Keterampilan Menulis : Manfaat Besar bagi Mahasiswa Mengungkap Esensi Keterampilan Menulis : Manfaat Besar bagi Mahasiswa. December. https://www.researchgate.net/publication/376553216_Mengungkap_ Esensi_Keterampilan_Menulis_Manfaat_Besar_bagi_Mahasiswa

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rohimah, A., Saputra, R., Sulistyo, S., Naim, A., & Fadhillah, N. (2023). Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah untuk Mahasiswa Unimar. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(3), 172–175. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2231

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Samad, P. S. S., Wahrini, R., Mantasia, M., Mustamin, M., & C. Arnanto, G. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa Semester Akhir Jurusan PTA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126–130. https://doi.org/10.59562/abdimas.v2i2.5336

Siagian, K. Y. A., Hasibuan, A., & Gultom, C. R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Viii Smp Swasta Santo Petrus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 321–346. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30664

Suratni Suratni, Milcha Handayani Tammubua, Rivaldhy N. Muhammad, Muhammad Sawir, Fredrik Sokoy, Rif’iy Qomarrullah, & Lestari Wulandari. (2025). Pelatihan Keterampilan Menulis Ilmiah bagi Mahasiswa Semester Akhir. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 3(2), 14–23. https://doi.org/10.61132/ardhi.v3i2.1092

Sutriawan, A., Irvan, Syafruddin, M. A., Hasanuddin, M. I., Ikadarny, Sufitriyono, & Nurulita, R. F. (2023). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 95–99. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2654

Waskita, D., & Sulistyaningtyas, T. (2022). Program Pengabdian Masyarakat: Workshop Penulisan Artikel Ilmiah. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1359–1367. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11495

Zheltukhina, M. R., Kislitsyna, N. N., Panov, E. G., Atabekova, A., Shoustikova, T., & Kryukova, N. I. (2023). Language learning and technology: A conceptual analysis of the role assigned to technology. Online Journal of Communication and Media Technologies, 13(1), e202303. https://doi.org/10.30935/ojcmt/12785

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Nurhadi, R. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK MELALUI WORKSHOP PENULISAN JURNAL DI UIN JURAI SIWO METRO LAMPUNG. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan Dan Keislaman, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.24260/jpkk.v4i2.4843

Issue

Section

Articles