EPISTEMOLOGI TAFSIR PROFETIK: STUDI PEMIKIRAN KHĀLID AL-BĀTILĪ

Keywords: Khālid al-Bātilī; Prophetic Interpretation; Uṣūl at-Tafsīr; Epistemology

Abstract

Abstract

The discourse of prophetic interpretations of the Qur’ān, also known as "tafsīr al-nabawī" or "hadith bayān Al-Quran," has long been developed by scholars of the Qur’ān. It is based on the premise that the Prophet’s interpretation is the most authoritative source of Qur’ānic exegesis. The phenomenal work of Khālid al-Bātilī, at-Tafsīr al-Nabawiyy which offers an explicit-textual interpretation (tafsīr al-Qur’ān al-lafzhī al-ṣarih) of the Prophet’s explanations, introduces a new epistemology to the discourse. He divided prophetic interpretations of the Qur'ān into five types based on their function and purpose, namely tafsīr al-mufradāt, ta'yīn al-mubham, takhṣiṣ al-‘amm, taqyīd al-muṭlaq and bayān al-mujmal. Tafsīr al-mufradāt is defined as Prophetic interpretations that involve Prophet's reciting of a verse along with its explanations. These classifications are known as al-Bātilī’s recent contributions to uṣūl at-tafsīr. His exegetical reasoning is classified as bayānī while positioning the triadic role of reason-context-text in a structural paradigm. Al-Bātilī's concern about giving no social criticism in his Al-Tafsīr al-Nabawiyy indicates two facets; on one hand, his documentation of the Prophet’s explicit-textual interpretation acts as the “sacred”, final, and authoritative source of Islamic Sharia and law, while on the other hand, over his 1000 pages of Qur’ān exegesis is bound to the seventh century Arabic sociocultural context without any chance of contextualization or re-interpretation upon Qur’ānic verses

 

Abtrak

Wacana tentang interpretasi profetik atas Al-Qur'an, atau yang dikenal sebagai "tafsir nabawi" atau "hadis penjelas Al-Qur’an," telah lama dikembangkan para ulama Al-Quran. Asumsi dasar dari wacana tersebut yakni bahwa tafsir profetik adalah produk tafsir yang paling otoritatif, baik penafsiran eksplisit Nabi atas ayat Al-Qur’an (tafsīr al-Qur’ān al-lafzhī al-ṣarih) maupun tafsiran-tafsiran yang bersifat implisit dan relatif. Karya fenomenal Khālid al-Bātilī, al-Tafsīr al-Nabawiyy, yang menawarkan interpretasi teks eksplisit dari penjelasan Nabi, memperkenalkan paradigma baru bagi wacana tersebut. al-Bātilī membagi interpretasi profetik tentang Al-Qur'an menjadi lima tipe berdasarkan fungsi dan tujuannya, yaitu tafsīr al-mufradātta'yīn al-mubhamtakhṣiṣ al-‘ammtaqyīd al-muṭlaq, dan bayān al-mujmal. Tafsīr al-mufradāt dapat diterjemahkan sebagai produk tafsir profetik yang melibatkan catatan riwayat Nabi membacakan suatu ayat Al-Qur'an dan menafsirkannya. Klasifikasi tafsīr al-mufradat al-lafẓī al-ṣāriḥ adalah tawaran epistemologi baru al-Bātilī dalam studi uṣūl at-tafsīr. Logika interpretasi al-Bātilī diklasifikasikan sebagai nalar bayānī sambil menempatkan peran triadis logika-konteks-teks dalam paradigma struktural. Keputusannya untuk tidak mencantumkan konteks sosial di al-Tafsīr al-Nabawiyy menunjukkan dua aspek; dokumentasi Al-Bātilī terhadap tafsiran Nabi Muhammad secara eksplisit-tekstual, di satu sisi, berfungsi untuk menyediakan sumber syariat dan hukum Islam yang "sakral", mutlak, dan otoritatif, sementara di sisi lain, lebih dari 1000 halaman tafsirnya terikat pada konteks masyarakat Arab abad ketujuh tanpa peluang untuk kontekstualisasi dan interpretasi ulang terhadap Al-Qur’an.

Author Biographies

Egi Tanadi Taufik, Institute of Southeast Asian Islam (ISAIs) & Graduate School of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

Google Scholar
Scopus ID: 58186929000
Research areas: Qur’ān Hermeneutics; Systematic theology; Abrahamic religions.

Dzalfa Farida Humaira, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta & Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis

Google Scholar

Research areas: Women and Qur’ān; Archetypal literary criticism; Gender studies.

Ahmad Baidowi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Google Scholar
Scopus id: 57977795600
Research areas: Qur'anic studies; Ulama network; Epistemology

References

Abdullah, M. Amin. “Al-Ta’wil Al-Ilmi: Ke Arah Perubahan Paradigma Penafsiran Kitab Suci.” Al-Jamiah 39, no. 2 (December 2001). http://digilib.uin-suka.ac.id/572/.

———. “Divinity and Humanity in Islam and Christianity: A Post-ACW Reading of the Qur’an.” Exchange 45, no. 2 (April 12, 2016): 141–53. https://doi.org/10.1163/1572543X-12341398.

———. “Memaknai Al-Ruju’ ila Al-Qur’an wa al-Sunnah: Dari Qira’ah Taqlidiyyah ke Tarikhiyyah-Maqashidiyyah.” In Kitab Suci dan Para Pembacanya, edited by Syafa’atun Almirzanah, 299–332. Yogyakarta: Stelkendo, 2019.

Ak’, Khalid Abdul al-Rahman al-. Uṣūl Al-Tafsīr wa Qawā'iduhu. Beirut: Dar al-Nakhais, 1986.

Al-Bātilī, Khalid bin ‘Abd al-Azīz bin Hamdi. Ahādis al-Buyū al-Manhiyu ‘anhā: Riwāyatan wa Dirāyatan. 1st ed. Al-Dirasat al-Haditsiyyat 1. Riyadh: Dar Kounouz Eshbelia, 2004.

———. Al-Tafsīr al-Nabawiyy: Muqaddimatun Ta’shīliyyatun ma’a Dirāsatin Hadītdiyyatin li Ahādis al-Tafsīr al-Nabawiyyi al-Sharih. 1st ed. Al-Dirasat al-Haditsiyyat 5. Riyadh: Dar Kounouz Eshbelia, 2011.

———. Al-Tamām li Ahādis al-Ahkām: Kitābun Yajma’u Ahādīs “Bulūgh al-Marām” wa “Umdatu al-Ahkām” wa “al-Muharrar”ma’a Tartībuhā wa Tahdzībuhā. 1st ed. Riyadh: Dar al-Aqidah, 2018.

———. “Barnamij al-Ādāb al-Syarī’ah (29) al-Ādāb Qadhā’ al-Hājat.” IslamHouse.com, 20116. https://islamhouse.com/ar/videos/2806208.

———. “Ṣhīrat Al-Dzātiyah.” Khalid Bin ‘Abd al-Azīz al-Bātilī (blog), H 1429. https://kalbatli.com/biography.

———. Taḥdzīb Bulūgh al-Marām: Dhammun Zawāidu al-Ahkāmi ilā Bulūgh ma’a Tartību Ahadisihi wa Tahdzību Takhrījihi. 2nd ed. Riyadh: Dar Kounouz Eshbelia, 2013.

Al-‘Uthaymīn, Muḥammad bin Ṣāliḥ. Silsilah Muallifāt Al-Ibn ‘Uthaymīn: Sharḥ Fī Uṣūl Fī al-Tafsīr. Edited by Muassasah Muḥammad bin Ṣāliḥ Al-‘Uthaymīn al-Khairiyyah. Riyad: Maktabah Malik Fahd, 2013.

———. Uṣūl Fī Al-Tafsīr. Riyad: al-Maktabah al-Islāmiyyah, 2001.

Balla, Bonaventure. Symbolism, Synesthesia, and Semiotics: Multidisciplinary Approach. Bloomington: Xlibris Corporation, 2012.

Kāfījī, Mahy al-Dīn al-. Taisīr fī Qawāid Ulūm al-Tafsīr. Edited by Musthafa Muhammad Husain al-Dzahabi. Kairo: Maktabah Al-Qudsi, 1997.

Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. II. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004. www.tiarawacana.co.id.

Morgan, Thaïs E. “Is There an Intertext in This Text? Literary and Interdisciplinary Approaches to Intertextuality.” American Journal of Semiotics 3, no. 4 (1985): 1–40. https://doi.org/10.5840/ajs1985342.

Muhammad, Muhammad Abd al-Rahman. al-Tafsīr al-Nabawī: Khashā'ishuhu wa Maṣādituhu. I. Kairo: Maktabah Zahra, 1992.

Mustaqim, Abdul. Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an: Studi Aliran-Aliran Tafsir dari Periode Klasik, Pertengahan hingga Modern-Kontemporer. II. Yogyakarta: Idea Press, 2016.

———. Epistemologi Tafsir Kontemporer: Studi Komparatif antara Fazlur Rahman dan Muhammad Syahrur. Disertasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2007. http://digilib.uin-suka.ac.id/14300/.

Rafiq, Ahmad. “Sejarah Al-Qur’an: Dari Pewahyuan ke Resepsi (Sebuah Pencarian Awal Metodologis).” In Islam, Tradisi, dan Peradaban, edited by Sahiron Syamsuddin. Yogyakarta: Bina Mulia Press, 2012.

Sabt, Khalid bin Usman Al-. Qawā'id al-Tafsīr: Jam’an wa Dirasatan. Giza: Dar Ibnu Affan, 1997.

Shihab, Moh Quraish. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an: Dilengkapi Penjelasan Kritis tentang Hermeneutika dalam Penafsiran Al-Qur’an. Juni 2015. III. Tanggerang: Lentera Hati, 2015. www.lenterahati.com.

Taufik, Egi Tanadi. “Epistemologi Syarah Hadis di Perguruan Tinggi: Diskursus Genealogis Terhadap Transmisi dan Transformasi Metode Syarah Hadis di Indonesia.” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 6, no. 1 (2020).

Taufik, Egi Tanadi, and Dzalfa Farida Humaira. “Membumikan Pesan Damai Al-Qur’an (As-Salám) sebagai Media Komunikasi Bangsa.” An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam 12, no. 2 (2020): 95–112.

Taufik, Egi Tanadi, and Hadi Wiryawan. “Peran Hadis dalam Asbāb al-Nuzūl Jadīd: Kritik Hermeneutika Otoritarian Abou Fadl terhadap Metodologi Tafsir Kontemporer M. Amin Abdullah.” In Urgensi Studi Hadis di Indonesia pada Era Milenial, 219–62. Jember: STDII Press, 2018. https://www.academia.edu/42913663/.

Tirmidzī, Muhammad Ibn Isa al-. Sunan al-Tirmidzī. Edited by Muhammad Nashir al-Din al-Albani. Riyadh: Maktabah al-Ma’arif, 2000.

Published
2023-08-09