EPISTEMOLOGI TAFSIR PROFETIK: STUDI PEMIKIRAN KH?LID AL-B?TIL?
DOI:
https://doi.org/10.24260/mafatih.v3i1.1781Keywords:
Khālid al-Bātilī; Prophetic Interpretation; Uṣūl at-Tafsīr; EpistemologyAbstract
Abstract
The discourse of prophetic interpretations of the Qur’?n, also known as "tafs?r al-nabaw?" or "hadith bay?n Al-Quran," has long been developed by scholars of the Qur’?n. It is based on the premise that the Prophet’s interpretation is the most authoritative source of Qur’?nic exegesis. The phenomenal work of Kh?lid al-B?til?, at-Tafs?r al-Nabawiyy which offers an explicit-textual interpretation (tafs?r al-Qur’?n al-lafzh? al-?arih) of the Prophet’s explanations, introduces a new epistemology to the discourse. He divided prophetic interpretations of the Qur'?n into five types based on their function and purpose, namely tafs?r al-mufrad?t, ta'y?n al-mubham, takh?i? al-‘amm, taqy?d al-mu?laq and bay?n al-mujmal. Tafs?r al-mufrad?t is defined as Prophetic interpretations that involve Prophet's reciting of a verse along with its explanations. These classifications are known as al-B?til?’s recent contributions to u??l at-tafs?r. His exegetical reasoning is classified as bay?n? while positioning the triadic role of reason-context-text in a structural paradigm. Al-B?til?'s concern about giving no social criticism in his Al-Tafs?r al-Nabawiyy indicates two facets; on one hand, his documentation of the Prophet’s explicit-textual interpretation acts as the “sacred”, final, and authoritative source of Islamic Sharia and law, while on the other hand, over his 1000 pages of Qur’?n exegesis is bound to the seventh century Arabic sociocultural context without any chance of contextualization or re-interpretation upon Qur’?nic verses
Abtrak
Wacana tentang interpretasi profetik atas Al-Qur'an, atau yang dikenal sebagai "tafsir nabawi" atau "hadis penjelas Al-Qur’an," telah lama dikembangkan para ulama Al-Quran. Asumsi dasar dari wacana tersebut yakni bahwa tafsir profetik adalah produk tafsir yang paling otoritatif, baik penafsiran eksplisit Nabi atas ayat Al-Qur’an (tafs?r al-Qur’?n al-lafzh? al-?arih) maupun tafsiran-tafsiran yang bersifat implisit dan relatif. Karya fenomenal Kh?lid al-B?til?, al-Tafs?r al-Nabawiyy, yang menawarkan interpretasi teks eksplisit dari penjelasan Nabi, memperkenalkan paradigma baru bagi wacana tersebut. al-B?til? membagi interpretasi profetik tentang Al-Qur'an menjadi lima tipe berdasarkan fungsi dan tujuannya, yaitu tafs?r al-mufrad?t, ta'y?n al-mubham, takh?i? al-‘amm, taqy?d al-mu?laq, dan bay?n al-mujmal. Tafs?r al-mufrad?t dapat diterjemahkan sebagai produk tafsir profetik yang melibatkan catatan riwayat Nabi membacakan suatu ayat Al-Qur'an dan menafsirkannya. Klasifikasi tafs?r al-mufradat al-laf?? al-??ri? adalah tawaran epistemologi baru al-B?til? dalam studi u??l at-tafs?r. Logika interpretasi al-B?til? diklasifikasikan sebagai nalar bay?n? sambil menempatkan peran triadis logika-konteks-teks dalam paradigma struktural. Keputusannya untuk tidak mencantumkan konteks sosial di al-Tafs?r al-Nabawiyy menunjukkan dua aspek; dokumentasi Al-B?til? terhadap tafsiran Nabi Muhammad secara eksplisit-tekstual, di satu sisi, berfungsi untuk menyediakan sumber syariat dan hukum Islam yang "sakral", mutlak, dan otoritatif, sementara di sisi lain, lebih dari 1000 halaman tafsirnya terikat pada konteks masyarakat Arab abad ketujuh tanpa peluang untuk kontekstualisasi dan interpretasi ulang terhadap Al-Qur’an.