RESEPSI FUNGSIONAL SURAH AL-QURAISY : PEMBACAAN SURAH AL-QURAISY DALAM PENGOBATAN FIDE’ PADA KOMUNITAS MADURA DI KAMPUNG PARIT WAKLIJAH KALIMANTAN BARAT

  • Farida Nur Afifah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khairun Niam
  • Subi Nur Isnaini

Abstrak

Fide’ merupakan ritual pengobatan dengan membacakan ayat-ayat al-Qur’an oleh komunitas Madura di kampung Parit Walkijah, Kalimantan Barat. Fide’ dipercaya dapat dijadikan sebagai penebusan dosa melalui perantara ayam atau kambing dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Dalam pelaksanaannya melibatkan salah satu surat dalam al-Qur’an yaitu al-Quraisy. Tulisan ini mengekplorasi bagaimana fungsi performatif surat al-Quraisy dalam pengobatan Fide’ dengan analisis deskriptif kualitatif. Sebagai bentuk penelitian lapangan berupa living qur’an maka tulisan ini mendasarkan observasi dan wawancara sebagai sumber utama dalam memperoleh data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori resepsi Ahmad Rafiq yang menghasilkan kesimpulan bahwa surah al-Quraisy difungsikan oleh masyarakat madura di kampung parit Waklijah sebagai pengobatan dan penyelesaian masalah terkait problem-problem sosial, penyakit fisik dan nonfisik, bahkan permasalahan yang berada di luar nalar manusia dapat diselesaikan dengan Fide’.

 

Referensi

Amajida, Shafira, “Resepsi Fungsional Surat Al-Mulk: Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Assalam Pasuruan”, Skripsi diajukan kepada Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022.

Andriyani, Fitri, “Makna Tradisi Nyebuh dalam Budaya Madura di Desa sungai Jawi Kota Pontianak”, Jurnal Ilmiah Spiritualis, vol. 8, No. 2, September 2022.

An-Naisaburi, Abu ‘Abdullah Muhammad ibn ‘Abdullah Al-Hakim, Al-Kharak cet I, Jakarta: Pustaka Azzam, 2011.

Aziz, Muhammad Thariq, “Analisis Qur’an Surah al-Quraisy Tentang Etos Kerja”, Jurnal Tamaddun-FAI UMG, Vol. Xix, No. 1, Januari 2018.

Bahari, Yohanes, “Model Resolusi Konflik berasaskan Adat di Kalangan Komuniti Melayu dan Madura di Kalimantan Barat”, Borneo Research Journal, Vol. 2, Desember 2008.

Baihaqi, Nurun Nisaa, Aty Munshihah, “Resepsi Fungsional Al-Qur’an: Ritual Pembacaan Ayat Al-Qur’an dalam Tradisi Nyadran di Dusun Tundan Bantul Yogyakarta”, Jurnal Nalar, Peradaban dan Pemikiran Islam, Vol. 6, No. 1, Junis 2022

Buni, Ahmad bin Ali al-Buni, “Syamsul Ma’arif wa Lathaiful ‘Awarif”, ed terjemah oleh Alaika Salamullah dan Fathur Rahman, Yogyakarta: Diva Press.

Daeirobi, Ahmad ad-, “Mujarobat Ad-Dairobi Al-Kabir”, Mesir: Maktabah at-Tijariyah Kubro.

Fahham, A. Muchaddam, “Peran Tokoh Agama Dalam Penanganan Konflik Sosial Di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat”, Jurnal Kajian, Vol. 15, No. 2, Juni 2010. .

Farhan, Ahmad, “Living Al-Qur’an Sebagai Metode Alternatif Dalam Studi Al-Qur’an”, Jurnal El-Afkar, Vol. 6, No. II. Juli-Desember 2017.

Hadi, Abdul, “Bacaan Ayat Al-Qur’an sebagai Pengobatan (Studi Living Qur’an pada Praktik Pengobatan di Ds. Keben Kec. Turi Kab. Lamongan Jawa Timur)”, Skripsi diajukan kepada UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaa, 2015.
Hamka, Buya, “Tafsir Al-Azhar Jilid 10”, Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, 1982.

Handasa, Nasrullah dan Ari, “Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’an sebagai Jimat”, Tafse, Vol. 5 No. 2, July-December 2020.

Hidayat, Faisal, “Pembacaan Ayat Al-Qur’an Pada Ritual Rukiah Mandiri”, Skripsi diajukan kepada Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Sunan Ampel 2022.

Istiqamah, Mas’udi dan, “Terapi Qur’ani bagi Penyembuhan Gangguan Kejiwaan (Analisis Pemikiran Muhammad Utsman Najati tentang Spiritualitas al-Qur’an bagi Penyembuhan Gangguan Kejiwaan)”, Konseling Religi, Vol. 8, No. 1, Juni 2017.

Jamalie, Zulfa, dan Muhammad Rif’at, “Dakwal Kultural: Dialektika islam dan Budaya dalam Tradisi Batatamba”, Jurnal Alhadharah, Vol. 11, No. 21, Januari-Juni 2021.

Katsir, Ibnu, “Tafsir Ibnu Katsir”, edisi Terjemah M. Abdul Ghoffar, Volume 8, Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Latif, Umar, “Al-Qur’an sebagai Sumber Rahmat dan Obat Penawar (Syifa’) bagi Manusia”, Al-Bayan, Vol. 21 No. 30 Juli-Desember 2014.

Mujahidin, Anwar, “Analisis Simbolik Penggunaaan Ayat-ayat Al-Qur’an sebagai Jimat dalam Kehidupan Mayarakat Ponorogo”, Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 10 No. 1, 2016.

Mulyadi, Yadi, “Alqur’an dan Jimat (Studi Living Qur’an pada Masyarakat Adat Wewengkon Lebak Banten), Tesis diajukan kepada Program Magister Fakultas Ushuluddin Prodi Konsentrasi Tafsir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2017.

Munawwir, Ahmad Walson, “Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia”, Surabaya: Pustaka Progresif 1997.
Musaddad, Asep Nahrul, “Al-Qur’an dalam Okultisme Nusantra: Studi Atas Transformasi Ayat al-Qur’an dalam Mantra-Mantra Lokal”, dalam “Living Qur’an : Teks, Praktik dan Idealitas dalam Performasi Al-qur’an”. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2020

Musthofa, Bisri, “Tafsir Al-Ibriz Volume 3” ,Kudus: Menara Kudus.

Musthofa, Misbah, “Tafsir al Iklil Juz 30”, Surabaya: Makbatah Al-Ihsan.

Nurullah dan Ari Handasa, “Penggunaan ayat-Ayat Al-Qur’an Sebagai Jimat”, Jurnal ar-raniry, vol. 5, No. 2, Juli-Desember 2020.


Purwanto, Tinggal, “Fenomena Living Al-Qur’an dalam Perspektif neal Robinson, Farid Esack dan Abdullah Saeed”, Jurnal Mawa’izh, vol. 1, No. 7, Juni 2016.

Rafiq, Ahmad, dalam pengantar “Living Qur’an: Teks, Praktik, dan Idealitas dalam performasi al-Qur’an, Yogyakarta: Ladang Kata, 2020.

Robinson, Neal, “Discovering the Qur’an”, London: SCM Press 1996.

Sholikhin, Muhammad, “Ritual dan Tradisi Islam Jawa”, Yogyakarta: Narasi, 2010.

Syarif, “Relasi Tradisi Sunni-Syi’ah: Studi atas Tajhin Ressem pada Masyarakat madura di Kota Pontianak”, Jurnal Islamuna, Vol. 4, No. 1, Juni 2017.

Syihab, Quraish, “Tafsir Al-Misbah Volume 15”, Jakarta: Lentera Hati 2002

Tarpin, “Pandangan Kristen Tentang Dosa: Asal Muasal dan Cara Menebusnya”, Jurnal Ushuluddin, Vol. XVI, No. 2, Juli 2010.

Tim Direktoran Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama Ri “Ensiklpedia Islam Nusantara, Edisi Budaya”, Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementrian Agama, 2018.

Wahyudin, Ahmad, “Kajian Epistemologi Terhadap Ilmu Hikmah dan Penyimpangan Prakteknya Dalam Masyarakat” (Studi pada Wirid Hizib Asror di Pesantren Nurul Hikmah Bojonegara Serang-Banten).

Yahya, Mohammad, “Fragmen al-Qur’an dalam Kebudayaan Magis: Kajian atas Silah al-Mu’min Karya Kayi Mahfudz Sya’roni”, dalam “Living Qur’an : Teks, Praktik dan Idealitas dalam Performasi Al-qur’an, Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2020.

Yunus, Moch barkah, “Resepsi Fungsional Al-Qur’an Sebagai Syifa’ di Pondok Pesantren Roudhout Tholabah Ki Ageng Serang Purwodadi”, skripsi diajukan kepada Fakultas Ushuludin &Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Semara 2019.

Zuhaili, Wahbah az- “Tafsir al-Munir” ed Terjemah oleh Abdul Hayyie, Jakarta: Gema Insani 2013.
Diterbitkan
2023-09-04