EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN ANDREW RIPPIN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP FUNGSI ASBABUN NUZUL (Analisis Atas Artikel The Function of Asbab An-Nuzul in Qur'anic Exegesis)

  • Ahmad Ghozali UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Azka Noor
Keywords: Epistemology, Andrew Rippin, and Asbab An-Nuzul

Abstract

This article discusses the epistemology of Andrew Rippin's thought which is considered different from that of his teacher John Wansbrough. The sources of knowledge used by Rippin come from John Wansbrough, as-Suyuti, al-Wahidi, Ibn As'ad, al-'Iraki, and books at the Staatsbibliothek, Berlin. The method or approach he uses is a historical or historical horizon and literary analysis. Validity Truth is based on coherence theory, correspondence theory, and pragmatism theory. This study also shows the implications of Rippin's thoughts on the function of Asbab an-Nuzul. First, many Muslim scholars have written about Asbab an-Nuzul, but it is only a quote and then left alone. The second is a recommendation to the scholars of the Koran to reconsider the construction of Asbab an-Nuzul in its interpretation. This study is a literature review with a descriptive-analytic method of exposure to Rippin's article entitled The Function of Asbab an-Nuzul in Qur'anic Exegesis as primary data and other books as secondary data.

Artikel ini membahas tentang epistemologi pemikiran Andrew Rippin yang dianggap berbeda dengan pemikiran gurunya John Wansbrough. Sumber-Sumber Pengetahuan yang digunakan Rippin bersumber dari John Wansbrough, as-Suyuti, al-Wahidi, Ibnu As’ad, al-‘Iraki, dan buku di Staatsbibliothek, Berlin. Metode atau pendekatan yang digunakannya adalah horizon historis atau sejarah dan analisis sastra. Validitas Kebenaran berdasarkan teori koherensi, teori korespodensi, teori pragmatism. Serta kajian ini juga memperlihatkan implikasi pemikiran Rippin terhadap fungsi Asbab an-Nuzul. Pertama, sarjana muslim banyak yang menulis tentang Asbab an-Nuzul namun hanya sebatas kutipan kemudian dibiarkan. Kedua menjadi rekomendasi kepada kesarjanaan Quran mempertimbangkan kembali kontruksi asbab an-nuzul dalam penafsirannya. Kajian ini merupakan kajian pustaka dengan metode pemaparan deskriptif-analitis terhadap artikelnya Rippin yang berjudul The Function of Asbab an-Nuzul in Qur'anic Exegesis sebagai data primer dan buku-buku lainnya sebagai data sekunder.

References

Abdul Mustaqim, Epistemologi Tafsir Koontemporer, (Yogyakarta, LKIS, 2010).

Abdur Rahman Abdul Majid, Andrew Rippin And Abdurrahman Abulmajd In Dialog About Qur'anic Studies, Dipublikasikan Pada Tanggal 1 Oktober 2012 M./15 Dzulqa’dah 1433 H. (Pdf) Andrew Rippin Dan Abdurrahman Abulmajd Dalam Dialog Tentang Studi Al-Qur'an | Abdurrahman Abulmajd - Academia.Edu.

Abd. Halim, Epistemologi Tafsir at-Tahrir wa at-Tanwir (Yogyakarta: Skripsi UIN Yogyakarta, 2012).

Abd. al-Mun'im al-Hafani, Mawsü'ah al-Falsafah wa al-Faläsifah, (Kairo: Maktabab Madbüfi, 2004).

Akh. Minhaji, John F. Wansbrough Dan Salvation History Dalam Kajian Islam, Dalam Jurnal Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Peradaban Dan Informasi Islam, Vol. 18, No. 2, 2018.

Ali Masrur, Diskursus Metodologi Studi Hadis Kontemporer Analisa Komparatif Antara Pendekatan Tradisional Dan Pendekatan Revisionis, Dalam Journal Of Qur’an And Hadith Studies 1, No. 2, 2012.

Andrew Rippin, Muslims; ¬Eir Religious Beliefs And Practices Volume 2: ¬The Contemporary Period (London: Routledge, 1993).

Andrew Rippin, The Function Of Asbab Al-Nuzul In Qur'anic Exegesis, (London: Bulletin-Soas, 1988).

Annemarie Schimmel, Deciphering of the Sign of God A Phenomenological Approaches to Islam, terj. Rahmani Astuti (Bandung: Mizan, 1987).

Asep Musaddad, Kemunculan Lingua Sacra Dalam Sejarah Al-Qur’an: Perspektif John Wansbrough, Dalam Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, Vol. 17, No. 1, 2018.

Ayi Sopyan, Kapita Selekta Filsafat, (Bandung: Pustaka Setia, 2010).

Duncan Barwise, Kehidupan Yang Hidup: Andrew Lawren Rippin, 66, Dipublikasikan 5 Mei 2017, Kehidupan Yang Hidup: Andrew Lawrence Rippin, 66 - The Globe And Mail.

Fejrian, Konstruksi Tafsir Muhammad al-Ghazali: Telaah Epistemologi, (Tesis UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2013).

Hamid Fahmy Zarkasyi, Tradisi Orientalisme Dan Framework Studi Alqur’an, Dalam Jurnal Tsaqafah, Vol. 7, No. 1, 2011.

Hamka Hasan, Studi Kritis tentang Pemikiran Asbâbun Nuzul Nasr Hamid Abu Zain dalam Kitab Mafum Al- Nashsh”, (Jakrta: Tesis UIN Jakarta, 2002).

Hasani Ahmad Said, Potret Studi Alquran Di Mata Orientalis, Dalam Jurnal Attibyan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Vol. 3, No. 1, 2018.

Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an, (Kairo: Dar al-Fikr, 1951 M.).

John Wansbrough, Quranic Studies: Source And Methods Of Scriptural Interpretation (Oxford: Oxford University Press, 1977) .

Lailatus Sa'adah, Epistemologi al-Qur'an dan Tarjamah Tafswiyah Majelis Muyahidin, (Yogyakarta: Skripsi UIN Yogyakarta, 2012).

Masyithah Mardhatillah, Berkenalan Dengan Andrew Rippin, Spesialis Sejarah Tafsir Al-Qur’an, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, Vol. 17, No. 2, Juli 2016, 224.

M. Alfatih Suryadilaga, Kajian Atas Pemikiran John Wansbrough Tentang Al-Qur’an Dan Nabi Muhammad, Dalam Jurnal Tsaqafah, Vol. 7, No. 1, 2011.

M. Amin, Kualitas Asbab an-Nuzul dalam Tafsir Al-Azhar, (Jakarta: Disertasi S3 UIN Jakarta, 2007).

M. Anshori, Tren-Tren Wacana Studi Al-Qur’an Dalam Pandangan Orientalis Di Barat, Dalam Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, Vol. 4, No. 1, 2019.

M. Muzayyin, Al-Quran Menurut Pandangan Orientalis: Studi Analisis Teori Pengaruh Dalam Pemikiran Orientalis, Dalam Junal Studi Ilmu-Ilmu Al-Quran Dan Hadits, Vol. 16, No. 2, 2015.

M. Thohar al-Abza, Kontekstualitas Al-Qur`an: Studi Kritis atas Metodologi dan Pandangan Muhammad Syahrur tentang Asbâbun nuzul dalam Pembacaan Al-Qur`an,” (Jakarta: Tesis UIN Jakarta, 2009).

M. Zia Al-Ayyubi, Pemikiran Andrew Rippin Terhadap Anlisi Sastra Al-Quran: Study Pandangan Orientalis Atas Keautentikan Al-Quran, (Yogyakarta: Proseding Iscushith, 2020).

Rizal Faturohman Purnama, Ragam Studi Qur’an: Teori Dan Metodologi Kontemporer (Analisis Terhadap Pemikiran Abdullah Saeed, Andrew Rippin, Asma Barlas, Dan Angelika Neuwirt), Jurnal Al-Wajid Vol. 2 No. 1 Juni 2021.

R.W. Southern, West View of Islam Interpretasi the Middle Ages (Harvard University Press).

Sajida Putri, Epistemologi Tafsir Hasbi ash Shiddqiy dalam Kitab Tafsir al-Qur 'an al-Madjied an-Nur, (Yogyakarta: Tesis UIN Sunan Kalijaga, 2015).

Syamsul Wathani, John Wansbrough: Studi Atas Tradisi Dan Instrumen Tafsir Alqur’an Klasik, Dalam Al-A’raflp: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, Vol. 5, No. 2, 2018.

Syukri Al Fauzi Harlis Yurnalis, Studi Orientalis Terhadap Islam: Dorongan Dan Tujuan, Dalam Jurnal Al-Aqidah, Vol. 11, No. 1, 2019.

The Liang Gie, Pegantar Filsafat Ilmu (Bandung: Rosdakarya, 2004).

Tinggal Purwanto, Menelisik Kronologi Surah Dalam Al-Quran Perspektif Neal Robinson, Dalam Jurnal Mawa`izh, Vol. 1, No. 2, Desember 2016.

Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sosial, (Bandung: PT Refika Aditama, 2017).

Zaenal Arifin, Konstruksi Tafsir Ibn Taimiyah (Telaah Epistemologis Kitab Muqaddimah fi Ushül at-Tafsir), (Yogyakarta: Tesis-UIN Yogyakarta, 2015).

Published
2022-06-29