POLA KONSUMSI GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE PLATFORM PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pola Konsumsi Generasi Z dalam Menggunakan E-Commerce Platfrom: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola konsumsi generasi Z dalam menggunakan e-commerce platfrom sebelum pandemi covid-19; 2) pola konsumsi generasi Z dalam menggunakan e-commerce platfrom sesudah pandemi covid-19; 3) dampak pandemi covid-19 terhadap pola konsumsi generasi Z dalam menggunakan e-commerce platfrom.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data primer merupakan hasil wawancara dengan generasi Z sebanyak 14 mahasiswa dan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini di antaranya: 1) pola konsumsi yang dilakukan oleh generasi Z sebelum masa pandemi covid-19 terbilang tinggi hal ini ditunjukkan dari jumlah transaksi yang dilakukan tiap bulannya di e-commerce platfrom; 2) pola konsumsi yang dilakukan generasi Z sesudah masa pandemi covid-19 dominan mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan dengan dominannya informan yang meningkat jumlah transaksi berbelanja di e-commerce platform; 3) pandemi covid-19 berdampak pada meningkatnya jumlah pengguna e-comemrce platform dan meningkatnya tingkat konsumsi pada generasi Z yang cenderung konsumtif.
References
Abrams, S.S. 2015. Problems and Possibilities in an assessing culture. Victoria Carrington. Generation Z. NY: Springer.
Anggia Valerisha, Marshell Adi Putra. 2020. Pandemi Global COVID-19 dan Problematika Negara-Bangsa. Bandung: UKP.
Astuti, T.P. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Mahasiswa. Jakarta UIN Syarif Hidayatullah.
Chaney, David. 2003. Lifestyle Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasuttra.
Combi, C. 2015. Generation Z: Their Voices, Their Lives. New York: Cornerstone.
Geshiere, P., Meyer, B. 1998. Globalization and Identity: Dialectics of flow and Closure.Development and Change, 29 (4).
Harahap, Dedy Ansari, Dita Amanah. Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol.9 No.2, 2018.
Jenita. Rustam. Konsep Konsumsi dan Perilaku Konsumsi Islam. JEBI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.2 No.1, Januari-Juni 2017.
Khan, M Fahim. 2014. Esai-Esai Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Kahf, Monzer. 1999. Ekonomi Islam Telaah Analitik Atas Persoalan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mannan, Muhammad Abdul. 1997. Teori dan Praktek Ekonomi Islam,.(M.Nastangin, Trans.) Yogyakarta: Dana Bakti Prima Yasa.
Miranda, Sofia. Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM VISIP. Vol.4 No.1, Februari 2017.
Moleong, Lexy J..2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Sri. 2015. Pola Konsumsi Non Makanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Yogyakarta.
Pujiono, Arif. Teori Konsumsi Islam. JDP Jurnal Dinamika Pembangunan. Vol.3, Maret 2006.
Qardhawi, Y. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. (Z. Arifin, Trans.) Jakarta: Gema Insani Press.
Septiana, Aldiana. Analisis Perilaku Konsumsi dalam Islam. DINAR. Vol.1 No.2, Januari 2015.
Sudaryono dkk. E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid-19 Sebagai Enterpreuner Modern dan Pengaruhnya terhadap Bisnis Offline. Vol.2, Agustus 2020.
Suparmono. 2004. Pengantar Ekonomi Makro: Teori, Soal dan Penyelesaiannya. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Sumartono, 2002. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung; Penerbit Alfabeta.
Adrian, d. (2020, Agustus 10). Memahami Epidemiologi dan Istilah-Istilahnya. Retrieved Februari 10, 2021, from https://www.alodokter.com/memahami-epidermiologi-dan-istilah-istilahnya
Fika Nurul Ulya. (2021, Juni 3). Survei: Pandemi Bikin Konsumsi Generasi Z Makin Bergantung pada Digital. Retrieved September 16, 2021, from https://money.kompas.com/read/2021/06/03/132323026/survei-pandemi-bikin-konsumsi-generasi-z-makin-bergantung-pada-digital?page=all
Hermansyah. (n.d.). Retrieved Januari 21, 2021, from www.alinea.id: https://www.alinea.id/bisnis/pelanggan-e-commerce-di-indonesia-naik-menjadi-66-b1ZYJ9zIS
Islahuddin, Nanang Syaifudin. (2020, April 20). Retrieved Januari 21, 2021, from lokadata.id: https://lokadata.id/artikel/pasar-e-commerce-terbesar-indonesia-dari-milenial
KBBI. (n.d.). Retrieved Januari 23, 2021, from kbbi.kemdikbud: kbbi.kemdikbud.go.id
Lamgiat Siringoringo. (2021, Juni 2). Retrieved September 16, 2021, from https://industri.kontan.co.id/news/belanja-digital-generasi-z-meningkat-di-kala-pandemi-apa-saja-yang-dibelanjakan
Muazam, A. R. (2020, Agustus 6). Retrieved Januari 22, 2021, from alinea.id: https://www.alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e-commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj
Statistik, B. P. (2018). Retrieved from www.bps.go.id.
Susanti, Agustina S. (2021, Februari 8). Retrieved September 16, 2021, from https://www.kompas.id/baca/riset/2021/02/08/generasi-z-dan-y-dominasi-mediadaring/?status=sukses_login&status_login=login
Widyananda, R. F. (2020, Oktober 15). Pengertian Gen Z serta Karakteristiknya. Retrieved Februari 11, 2021, from https://m. merdeka.com/
Worldometers. (2020). Retrieved from www.worldometers.info
Zuraya, N. (2019, Februari 27). Retrieved from www.republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/pnkrfg383/pertumbuhan-emecommerceem-indonesia-tertinggi-di-dunia