Strategi Program Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Sirajul Ulum Kota Pontianak

  • Marsuni Marsuni Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Kota Pontianak, Indonesia
  • Al Amin Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Riadi Budiman Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Indonesia
Keywords: Strategy, Program, Head master, Education Quality

Abstract

Program Strategy for Madrasa Heads in Improving the Quality of Islamic Education at Madrasa Aliyah Sirajul Ulum Pontianak City. The strategy for the madrasa head program in improving the quality of Islamic Education at Madrasa Aliyah Sirajul Ulum Pontianak City in the aspect of management standards which includes madrasa program planning, implementation of madrasa work plans, monitoring and evaluation, madrasah leadership and information systems. The purpose of this research is to analyze the strategy of the madrasa head program in improving the quality of Islamic Education at Madrasa Aliyah Sirajul Ulum, Pontianak City. The method in this study is a qualitative approach with descriptive and using case studies and analysis. The results of research by conducting internal monitoring are carried out starting from supervising the work carried out by teachers and education staff starting from compiling, implementing educational monitoring programs and implementing monitoring programs in the form of supervision and utilizing the results.

 

ABSTRAK
Strategi Program Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah Aliyah Sirajul Ulum Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Strategi program kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Sirajul Ulum Kota Pontianak pada aspek standar pengelolaan yang meliputi perencanaan program madrasah, pelaksanaan rencana kerja madrasah, monitoring dan evaluasi, kepemimpinan madrasah dan Sistem informasi. Tujuan peneltian ini untuk menganalisis strategi program kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Sirajul Ulum Kota Pontianak. Metode dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan deskriptif dan mengunakan studi kasus dan Analisis. Hasil dari Penelitian dengan melakukan monitoring internal dilakukan mulai dari melakukan pengawasan pekerjaan yang dilakukan oleh guru dan tenaga kependidikan mulai dari menyusun, melaksanakan program monitoring pendidikan dan melaksanakan program monitoring dalam bentuk pengawasan serta memanfaatkan hasilnya.

Kata kunci: Strategi; Program; Kepala Madrasah; Mutu Pendidikkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, 2012. Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Ahmad Tafsir, 2011. Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Alifuddin, M. 2012. Reformasi Pendidikan: Strategi Inovatif Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Magna Scrip Publishing.

Asgar Asli, 1996. Belajar Menjadi Manusia. Pontianak: Muare Public Relation.

Bafadal ,2009. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Barwani dan Arifin, 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Creswell 2008. 21st Century Leadership. Dalam Shelton, Ken (Ed), A New Paradigm of Leadership (hlm. 21-24). Sout Provo: Executive Excellence Publishing.

Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

E Mulyasa, 2012. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa, 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Rosda Karya Offset.

Fahrurrozi, 2013. Organisasi Teori Struktur dan Proses. Debdikbud: Jakarta.

Freddy Rangkuti, 2007. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cet-14. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Hadis dan Nurhayati, 2012. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Haitami Salim dan Erwin Makhrus, 2006. Filsafat Pendidikan Agama Islam. Pontianak: STAIN Press.

Hasan Langgulung, 2000. Asas-Asa Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra.

Husaini Usman, 2014. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal Tawakkal, 2007. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jhon W. Creswell, 2018. Penelitian Kualitatif dan Desai Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

La Ode Ismail Ahmad dan Ristati Sinen. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 21 Makassar. Jurnal idaarah, Vol. I, No. 2, Desember 2017. hal 290-309.

Lexy J. Moleong 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M Widdah, dkk. 2012. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Marjohan, 2009. School Healing: Menyembuhkan Problem Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

McFarlan, L.J. 1997. 21st Century Leadership. Dalam Shelton, Ken (Ed), A New Paradigm of Leadership (hlm. 21-24). Sout Provo: Executive Excellence Publishing.

Melayu S. P Hasibun ,2001. Manajemen Dasar: Perngertian & Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muahammad Bukhori, 2005. Azaz-Azaz Manajemen. Yokyakarta: Aditya Media.

Muhammad Harfin Zuhdi, 2014. Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. Jurnal AKADEMIKA, Vol. 19, No. 01, Januari -Juni 2014. Hal 35-57.

Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Nana Sudjana dan Ibrahim, 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Nanang Fattah, 2003. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Nasution, 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Neuschel, 2005. The Servant Leader: Unleashing the Power of Your People. London: Nortwestern University Press.

Omar Hamalik, 2000. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembinanan Ketenagaan. Jakarta: Trigenda Karya.

Pamudji, 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Rahman dkk, 2006. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Raihan, 2015. Konsep Kepemimpinan dalam Masyarakat Islam. Jurnal Al-Bayan / Vol. 22, No. 31, Januari-Juni. hal 13-26.

Ramayulis, 2008. Metode Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rawita, 2012. Mengelola Sekolah Efektif. Yogyakarta: LaksBang.

Robert K. Yin, 2006. Metodelogi Penelitian Sosial. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Rohiat, 2010. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Rully dan Poppy, 2014. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf.

Saekhan Muchit, 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail.

Sallis, 2006. Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan). Jogjakarta: IRCiSoD.

Salusu, 2006. Pengambilan Keputusan Stratejik: Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Mothods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabbar, (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, cetakan ketiga. Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto, 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suherman, 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Menuju Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Kependidikan, XII (16): 53-59.

Sumarna Surapranata, 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, 2012. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Syaiful Bahri Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Sagala, 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Alfabeta: Bandung.

Ulber Silalahi, 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Usman dan Husaini, 2008. Manajemen Teori Praktek & Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer Usman, 2013. Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta, Bumi Aksara.

Veithzal Rivai, 2004. Kiat Kepemimpinan dalam Abat-21. Jakarta: Murai Kencana.

W. Gulo, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Wahidin, 2005. Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo, 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Pemasalahannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wahyudi, 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningrum, 2004. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published
2023-07-02
How to Cite
Marsuni, M., Amin, A., & Budiman, R. (2023). Strategi Program Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Sirajul Ulum Kota Pontianak. Arfannur, 4(1), 31-54. https://doi.org/10.24260/arfannur.v4i1.1156
Section
Articles