Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab pada Maharah Kitabah

  • Furaida Ayu Musyrifa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Anilir Rahmah Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sri Wahyuni Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Laily Fitriyani Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Motivasi, Metode Picture and Picture, Maharah kitabah

Abstract

Many problems found that affect the success of students in their learning process. among others, lack of motivation to learn. The teaching method is one of the methods used by teachers in carrying out the learning process. Selection of inappropriate methods will be an obstacle in achieving predetermined learning objectives. Teachers must use methods that can make the learning process interesting and provide space for students to be creative and directly involved so that learning becomes fun and is able to increase students’ interest in learning, especially in maharah kitabah in Arabic lessons. The picture and picture model is a learning method by relying on pictures as a medium in the learning process. Pictures are one of the media that can help teachers in the teaching process which makes learning more communicative and interesting. The use of this media is structured and designed so that students can analyze the image into a brief description of what is in the image. So that this method can be applied, of course with the packaging and creativity of the teacher which makes learning fun and able to increase student interest in learning Arabic, especially in maharah kitabah where most students find it difficult among other maharahs.

Dalam proses belajar mengajar banyak ditemukan problematik yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik. Salah satu di antaranya kurang motivasi belajar. Metode mengajar merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pemilihan metode yang kurang tepat akan menjadi kendala dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pendidik harus menggunakan metode yang bisa membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan memberikan ruang bagi peserta didik untuk berkreatifitas dan terlibat secara langsung Sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik khususnya pada maharah kitabah pada pelajaran Bahasa arab. Model picture and picture merupakan metode pembelajaran dengan mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar merupakan salah satu media yang dapat membantu pendidik dalam proses mengajar yang menjadikan pembelajaran menjadi lebih komunikatif dan menarik. Penggunaan media ini disusun dan dirancang agar peserta didik bisa menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah deskripsi singkat mengenai apa yang ada dalam gambar tersebut. Sehingga metode ini bisa diterapkan, tentunya dengan kemasan dan kreatifitas pendidik yang menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan dan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa arab, khususnya pada maharah kitabah yang kebanyakan peserta didik merasa kesulitan diantara maharah yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi dan Supriyono, Widodo. Psikologi Belajar. (Jakarta: Rineka Cipta. 2012)

Andi Kaharuddin, Nining Hajeniati, Pembelajaran Inovatif dan Variatif Pedoman untuk Penelitian PTK dan Ekperimen, (Gowa: Pustaka Almaida,: 2020).

Aster Pujaning ati, Sigit Widiyarto, Nana Suyana, Jurnal Pengabdian Masyarakat/ADIMAS, Vol.2, No.1 (2018).

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish, 2017)

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: Pustaka Setia, 2010).

Istarani, Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Pendidik Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada, 2011).

Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. (Ciputat: Gaung Persada 2005)

Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Mustikasari, Mega, Maddatauang, and Rosmini Maru. 2017. “UNM Geographic Journal.” UNM Geographic Journal 1(1):48–54.

Saepudin, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan praktik. (Yogyakarta: Trust Media, 2012).

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006).

Syaiful Badri Djamroh, Pisikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 200)

Syueb Kurdi Abdul Aziz, Podel Pembelajaran Efektif di SD, MI ( Bandung: pusaka-Bani Quraisy 2006)

Thoifuri. Menjadi Pendidik Inisiator. (Semarang: RASAIL, 2008)

Published
2020-10-31
How to Cite
Musyrifa, F., Rahmah, A., Wahyuni, S., & Fitriyani, L. (2020). Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab pada Maharah Kitabah. Arfannur, 1(1), 15-26. https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.147
Section
Articles