Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari ­ Q.S Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir

  • Siti Aisah Pascasarjana IAIN Purwokerto
  • Mawi Khusni Albar Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Social Education, Q.S al-Hujurat: 11-13

Abstract

This research aims to dig into the various values of social education contained in Q.S al-Hujurat verses 11-13. The method used in this research is a qualitative approach with descriptive method of analysis. As for interpretation of the verses using the method of tafsir bi al-ma’tsur. The results show that: in Q.S al-Hujurat verses 11-13 there are three values of soial education contained in them, namely first, tasamuh (encouragement and respect) found in Q.S al-Hujurat verses 11; second, khusnudzon (good advice thought) found in Q.S al-Hujurat verses 12; the three fraternities (organized be eah other) found in Q.S al-Hujurat verses 13.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam Q.S al-Hujurat ayat 11-13. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Adapun dalam penafsiran ayat-ayatnya menggunakan metode tafsir bi al-matsur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam Q.S al-Hujurat ayat 11-13 terdapat tiga nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung di dalamnya, yaitu pertama, tasamuh (anjuran saling menghormati dan menghargai) yang terdapat dalam Q.S al-Hujurat ayat 11; kedua, khusnudzon (anjuran berbaik sangka) yang terdapat dalam Q.S al-Hujurat ayat 12; ketiga persaudaraan (anjuran saling mengenal) yang terdapat dalam Q.S al-Hujurat ayat 13.

Kata Kunci: Pendidikan Sosial; Q.S al-Hujurat: 11-13

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainur, Siti Rochmah. 2019. Pengaruh Bimbingan KonselingIslam dengan Terapi Husnudzan Terhadap Peingkatan Self Esterm pada Siswa SMP Al-Manshur Candi Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

AM, Mirhan. 2015. Refleksi Penciptaan Manusia Berbangsa-bangsa dan bersuku-suku (Telaah Surah Al-Hujurat ayat 13). Jurnal Studi Insania. Vol. 3, No. 1, April 2015.

Aziz, Abdul Zaenal Muttaqin, dkk. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Sosial dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 134 (Analisis Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim Karya Ibnu Katsir”. Jurnal Bestari. Vol. 17, No. 1, 2020.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salmba Humanika.

Jamarudin, Ade. 2016. “Membangun Tasamuh Keberagaman dalam Perspektif Al-Qur’an”. Jurnal Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama. Vol. 8, No, 2, Juli-Desember 2016.

Khamidah. 2016. “Nilai Pendidikan Humanisme dalam Surat Al-Hujurat Ayat 13 Telaah Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab.” Skripsi, IAIN Salatiga: 2016)

Muhammad, Jalaludin bin Amad ibn Muhammad Al-Mahalli dan Jalaludin Abdurrahman ibn Abi Bakr al-Suyuti. Al-Qur’an Al-Karim Wa Bi Hamisyah Tafsir al-Imam al-Jalalin, (t.p: Dar Ibn Kasir, t.th.)

Nufus, Hayati dkk. 2018. Nilai Pendidikan Multicultural (Kajian Tafsir Al-Qur’an Suarah Al-Hujurat Ayat 9-13). Jurnal al-Iltizam. Vol. 3, No. 2, November 2018.

Nur, Muhammad Effendi. 2015. Pendidikan Sosial Budaya dalam perspektif Al-Qur’an. Tarbiyah Islamiyah. Vol. 5, No. 2, Juli-Desember 2015.

Quraish, M. Sihab. 2009. Tafsir Al-Misbah jilid 12: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: PT LKiS Printing Cemerlang.

Rozi, Fahrur dan Rokhmah, Niswatur. 2019. Tafsir Klasik: Analisis Terhadap Kitab Tafsir Era Klasik. Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI Al-FITHRAH. Volume 9, Nomor (2 Agustus 2019).

Saihu. 2020. Pendidikan Sosial yang Terkandung dalam Surat At-Taubah ayat 71-72. Jurnal Edukasi Islami, Vol. 09, No. 1 Februari 2020.

Shaleh, Qomaruddin, dkk. 2009. Asbabun Nuzul (Latar Belakang Historis Turunnya Al-Qur’an). Bandung: CV Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALPABETA.

Suluri. 2019. Pendidikan Sosial Tafsir Surat Al- hujurat Ayat 11-13. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 2, No. 02, 2019.

Yunahar, Ilyas. 2015. Cakrawala Al-Qur’an Tafsir Tematis Tentang Berbagai Aspek Kehidupan. Yogyakarta:Itqon Publishing.

Yunus, Mahmud. 2010. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT Mahmud Yunus wa Dzurriyyah.

Published
2021-12-09
How to Cite
Aisah, S., & Khusni Albar, M. (2021). Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari ­ Q.S Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir. Arfannur, 2(1), 35-46. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.166
Section
Articles