Urgensi Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik

  • Satariyah Satariyah iainpontianak
  • Nandar Nandar Guru PAI Madrasah Ibdidaiyah Negeri (MIN)1Kabupaten Melawi Kalimantan Barat, Indonesia
Keywords: Competence, Discipline, Leadership

Abstract

The Urgency of Leadership Competence of Islamic Education Teacher in Improving Student’s Discipline. The teacher’s role is not merely as a teacher but as well as an educator. The presence of the teacher is very influential in the students’ character building. One of the characteristics that need to be applied is discipline. Since discipline is one of the requirements in developing students’ character to become the next generation that will be able to compete globally. This study aimed to determine how urgent the leadership competence skill of Islamic Education teachers is in improving students’ discipline. The research method used in this study is qualitative. Whereas the type of research used library research. The results of this study were leadership competencies that the Islamic Education teacher has to possess in improving the students’ discipline. Including the ability to organize the school’s potential, and abilities as an innovator, facilitator, mentor, and counselor. In addition to the ability to maintain, control, and direct religious teachings culture in the school community.

 

ABSTRAK
Guru berperan selain sebagai seorang pengajar juga sebagai seorang pendidik. Keberadaan guru sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter peserta didik. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan adalah kedisiplinan. Karena kedisiplinan menjadi syarat dalam mengembangkan peserta didik menjadi generasi penerus bangsa yang mampu bersaing dalam dunia global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa urgen kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kajian pustaka (Library Research). Hasil penelitian ini adalah kompetensi leadership yang harus dimiliki guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik mencakup kemampuan dalam mengorganisasikan potensi sekolah, kemampuan sebagai inovator, fasilitator, pembimbing dan konselor, serta kemampuan dalam menjaga, mengendalikan, dan mengarahkan pembudayaan pengamalan ajaran agama pada komunitas sekolah.

Kata kunci: Kompetensi, leadership, kedisiplinan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, B. (2014). Kepemimpinan. Pustaka Setia.

Chaeruddin. (2013). Etika dan pengembangan Profesionalitas Guru. Alauddin University Press.

Dakhi, A. S. (2021). PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DENGAN KOMPETENSI GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(3), 131–143.

Fatah, N. (1999). Landasan Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Fatmawati, F. (2020). Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 25–35.

Hasanah, A., Utami, I. H., & Kusainun, N. (2020). Pentingnya Kompetensi Leadership Pada Guru MI. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 10–20.

Undang Undang Tentang Guru dan Dosen, 5 (2005).

Kementerian Agama RI. (2010). Modul Pengembangan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.

Komariah, E. dan A. (2012). Administrasi Pendidikan (Cet III). Alfabeta.

Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 143. https://doi.org/10.32493/JPKN.V6I2.Y2019.P143-154

Rahman, I. A. (2012). Perilaku Disiplin remaja. Alauddin University Press.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3 Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229–243.

Rubini, R. (2017). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Al-Manar, 6(2). https://doi.org/10.36668/JAL.V6I2.74

Rusnadi, R., & Hafidhah, H. (2019). NILAI DASAR DAN MORALITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 223–244. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-06

Sa’diah, M. (2019). Menggagas Model Implementasi Kompetensi Leadership Guru Pai Dalam Mengembangkan Budaya Religius Sekolah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 196–214.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal EVALUASI, 2(1), 257. https://doi.org/10.32478/EVALUASI.V2I1.77

Sunarko, A., & Sholeh, S. (2019). Peningkatan Mutu Manajemen Pembelajaran Oleh Kepala Madrasah di MTs Salafiyah Al Tarmasi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.32699/PPKM.V6I1.500

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Published
2022-04-30
How to Cite
Satariyah, S., & Nandar, N. (2022). Urgensi Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik. Arfannur, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i1.632
Section
Articles