Efektivitas Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat pada Mata Pelajaran Bahasa Arab bagi Siswa Kelas IVa SD Muhammadiyah 01 Pontianak

  • Kairinnisa Ulya IAIN Pontianak
  • Nelly Mujahidah IAIN Pontianak
  • Ardiansyah Ardiansyah IAIN Pontianak

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan menghafal peserta didik yang masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan menghafal kosa kata siswa sebelum menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran bahasa arab kelas Kelas 4A SD Muhammadiyah 01 Pontianak. 2) Untuk mengetahui kemampuan menghafal kosa kata siswa sesudah menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran bahasa arab kelas Kelas 4A SD Muhammadiyah 01 Pontianak. 3) Untuk mengetahui efektivitas metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal kosa kata siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas Kelas 4A SD Muhammadiyah 01 Pontianak.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain Eksperimen yang digunakan penelitian ini termasuk Pre Experimental Design dengan jenis rancangan yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu: Statistik Deskriptif dan Uji N-Gain Score.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bernyanyi dapat mempengaruhi kemampuan menghafal kosa kata peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab dibuktikan dengan rata rata kemampuan menghafal siswa sebelum penggunaan metode bernyanyi sebesar 22,86, kemudian terdapat peningkatan setelah penggunaan metode bernyanyi sebesar 85,24. Serta kemampuan menghafal peserta didik dapat dikategorikan efektif karena berada pada interval >76. Hal ini dibuktikan bahwa hasil uji N-Gain Score pada N-Gain Persen diperoleh skor mean sebesar 80.2627.

Published
2023-08-14
Section
Articles