EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA DI BSI (BANK SYARIAH INDONESIA) KCP NANGA PINOH

  • Muh. Safarul Khair IAIN Pontianak
  • Ismail Ruslan IAIN Pontianak
  • Yulia Yulia Pascasarjana IAIN Pontianak
Keywords: Stategi Pemasaran, Tabungan Haji, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Bank Syariah Indonesia merupakan perbankan syariah yang berdiri dari penggabungan tiga bank syriah besar di Indonesia. Sebagai perbankan syariah terbesar di Indonesia, BSI (Bank Syariah Indonesia) pastinya tidak ketinggalan untuk turut meluncurkan produk tabungan haji yang menjadi impian besar umat Islam, karena merupakan salah satu rukun dalam Islam yang diantaranya banyaknya umat muslim belum mampu untuk menunaikannya. Dalam memasarkan produk tabungan tersebut, Bank Syariah Indonesia, khususnya di BSI (Bank Syariah Indonesia) KCP Nanga Pinoh merencakan strategi yang efektif untuk menarik minat nasabah untuk menabung di BSI (Bank Syariah Indonesia) KCP Nanga Pinoh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan memalui teknik pengambilan data secara wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah strategi pemasaran yang dilakukan BSI (Bank Syariah Indonesia) KCP Nanga Pinoh berjalan secara efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah nasabah yang menabung untuk kategori tabungan haji setiap tahunnya, yang terhitung sejak berdirinya BSI (Bank Syariah Indonesia) yakni sejak tahun 2021 hingga tahun 2023, sehingga dapat dikatakan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BSI (Bank Syariah Indonesia) terjadi secara efektif.

Published
2024-01-17