MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMUKA (KANTONG MUDAH PERKALIAN) PADA KELAS 3 SDN 1 BAE

Authors

  • Silvia Novita Andani Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Raras Kusumastuti Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Eva Luthfi Fakhru Ahsani

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v4i1.3893

Keywords:

Concept Understanding, Mathematics Learning, Learning Media

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian, melalui penggunaan media pembelajaran “komuka” (Kantong Mudah Perkalian). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SDN 1 Bae yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitataif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran “komuka” (Kantong Mudah Perkalian) dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif yang dibuktikan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang sudah mencapai target. Pada siklus pertama tingkat ketuntasan siswa mencapai 60% dan siklus kedua meningkat menjadi 85%. Kriteria Ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75%, sehingga dapat disimpulkan penggunaan media “komuka” (Kantong Mudah Perkalian) dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas 3 di SDN 1 Bae.

References

Adha, R. F., Hartatik, S., & Astini, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Kantong Perkalian (KAPE) pada Kelas II SD Khadijah Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 724–729.
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 442–447.
Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika. Remaja Rosdakarya.
Mauliza, Muliana, & Aklimawati. (2023). Analisis Karakter Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Setelah Diterapkan Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 30–11.
Mutaqin, I., & Tisna Widiati, G. (2022). Implementasi Media Kantong Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 49–70.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai?: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632
Simangunsong, V. H., Perangin-angin, R. B., Gultom, D. I., & Naibaho, T. (2021). Hubungan Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Matematika Dengan Pendidikan. Sepren?: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 14–25. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.513
Sopian, A. (2016). uSopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam PendidikanT. Raudhah Proud To Be Professionals?: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10gas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam PendidikanT. Raudhah Proud To Be Professionals?: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Zuliani, R., Safitri, A., & Nur’Azizah, L. Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian melalui Media PKP2 (Papan Kantong Pintar Perkalian) Kelas II SDN 3 Sepatan. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(5), 870–879. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1391

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Andani, S. N., Kusumastuti, R., & Ahsani, E. L. F. (2025). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMUKA (KANTONG MUDAH PERKALIAN) PADA KELAS 3 SDN 1 BAE. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 99–113. https://doi.org/10.24260/add.v4i1.3893

Issue

Section

Articles