MANAJEMEN STRATEGI DENGAN POLA KEMITRAAN PENJUALAN MOBIL BEKAS DI PONTIANAK

Authors

  • Rina Mandara Harahap IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/andromeda.v1i2.2355

Keywords:

Strategi, Kemitraan, Agen

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi bisnis perusahaan mobil bekas di Pontianak dan pola kemitraan perusahaan mobil bekas di Pontianak dalam pengembangan usaha. Temuannya adalah Penjual mobil bekas menggunakan strategi diferensiasi produk untuk membedakannya dari pesaing. Cara yang digunakan penjual tersebut berbeda-beda, diantaranya  dengan membuat kerjasama yang baik dengan penjual sparepart mobil, membuat bengkeng sendiri, hanya membeli mobil yang siap pakai, serta menyewa ruko untuk membuka dealer. Pola Kemitraan yang dilakukan oleh pedagang mobil bekas di Pontianak adalah pola keagenan, dimana agen diperbolehkan menjual mobil bekas kepada konsumen, dan aturan main dalam kemitraan tersebut adalah asas saling percaya yang disepakati saja.

Downloads

Published

2023-12-31