ANALISIS CUSTOMER SATISFACTION JAMAAH UMRAH PT. MENARA TANJUNG

  • Lala Fitrisari IAIN Pontianak
  • Dwi Surya Atmaja IAIN Pontianak
  • Abdurrahman Abdurrahman IAIN Pontianak
Keywords: Customer Satisfaction, PT. Menara Tanjung, Jamaah Umrah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Untuk mengetahui atribut apa yang dianggap penting oleh jamaah umrah PT. Menara Tanjung; (2) Untuk mengetahui tingkat customer satisfaction pada jamaah umrah PT. Menara Tanjung. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah PT. Menara Tanjung yang berangkat pada bulan Maret 2023 sebanyak 198 jamaah. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 66 responden, yang didapatkan dari hasil perhitungan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara, dengan instrumen penelitian berupa kuesioner model skala likert. Sedangkan untuk mengalasis data menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) Pada hasil analisis IPA diketahui atribut-atribut yang dianggap penting oleh jamaah ialah atribut yang terdapat pada kuadran A dan B. (2) Berdasarkan hasil perhitungan CSI, diperoleh hasil sebesar 82,26% yang menunjukkan bahwa jamaah merasa sangat puas dengan kinerja PT. Menara Tanjung.

Published
2025-02-15