ANALISIS MANAJEMEN RISIKO KEUANGAN, PRODUK, DAN PEMASARAN PADA STARTUP SOCIALING DIGITAL AGENCY DI KOTA PONTIANAK

  • Ayu Mulyani IAIN Pontianak

Abstract

Dalam operasional perusahaan tentunya ada yang namanya risiko. Risiko yang ada di suatu perusahaan harus dikendalikan agar meminimalisir terjadinya risiko tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko keuangan, risiko produk, dan risiko pemasaran startup Socialing Digital Agency serta untuk mengetahui bagaimana pengendalian risiko yang dilakukan untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode sampling dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling sehingga sampel hanya terdiri dari satu orang yaitu CEO Socialing Digital Agency. Analisis data menggunakan teknik triangulasi yaitu peneliti menggabungkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi secara bersama-sama untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Hasil yang didapatkan bahwa risiko keuangan yang dialami adalah biaya operasional yang tinggi. Risiko produk yang dialami adalah kurang puasnya konsumen terhadap hasil yang dikerjakan oleh Socialing Digital Agency. Risiko pemasaran yang dialami adalah sulitnya menjangkau pasar di daerah lain dan adanya kompetitor yang lebih banyak dikenal.

Kata kunci: startup, digital, risiko

Published
2024-07-31