PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PD AMAN JAYA KECAMATAN SUNGAI RAYA

  • Dhory Cahya IAIN Pontianak
  • Syarif Agussaid Alkadrie IAIN Pontianak
Keywords: Bauran pemasaran, keputusan pembelian, PD Aman Jaya, survei, regresi linier

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, lokasi, dan promosi, memengaruhi keputusan pembelian yang dibuat oleh konsumen di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya. Data dikumpulkan melalui survei dengan metode kuantitatif. Konsumen yang berbelanja di PD Aman Jaya adalah responden, dan analisis data regresi linier digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel bauran pemasaran dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen tentang apa yang mereka ingin beli. Dari semua variabel, promosi dan harga terbukti memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan konsumen tentang apa yang mereka ingin beli, diikuti oleh produk dan lokasi. Hasil ini menunjukkan bahwa konsumen dapat meningkatkan minat beli mereka dengan menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini menawarkan perspektif baru tentang bagaimana bauran pemasaran memengaruhi keputusan pembelian di pasar lokal. Diharapkan temuan ini akan membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan di PD Aman Jaya.

Published
2025-02-17