Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Microsoft PowerPoint Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

  • Retnowati Satyaningrum Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Dwi Surya Atmaja IAIN Pontianak

Abstract

RETNOWATI SATYANINGRUM, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Microsoft Powerpoint Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022.

Peneitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis interaktif berbasis multimedia dengan menggunakan Microsoft Powerpoint pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VII (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan siswa.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mempawah. Teknik yang diguakan untuk pengumpulan data adalah komunikasi langsung dan tidak langsung dengan instrument pengumpulan data berupa angket, wawancara dan expert judgement. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian dan pengembangan (1) Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan sesuai model ADDIE. Tahapan pertama yaitu analysis meliputi analisis kebutuhan, analisis ketersediaan fasilitas, dan analisis permasalahan. Tahap design meliputi pembuatan flowchart. Tahap development meliputi pembuatan media pembelajaran, alpha testing atau melakukan review dari para ahli, dan revisi. Tahap implementation meliputi beta testing yang melibatkan 36 siswa, (2) hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor 84,44% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan skor 85,63% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil evaluasi dari siswa mendapatkan skor  98,11% dengan kategori “Sangat Baik”. Dan hasil mean dari data diatas mendapatkan skor 86,39% dengan kategori kelayakan “Sangat Baik” dan “Tidak Revisi”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dengan menggunakan Microsoft Powerpoint pada mata pelajaran Bahasa Arab layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VII.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Microsoft Powerpoint, Bahasa Arab, ADDIE, R&D

Published
2022-08-24
Section
Articles