STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF
Abstract
Keabsahan data dalam penelitian kualitatif menjadi syarat khusus yang peru dipenuhi peneliti guna menyajikan hasil penelitian yang tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (Library Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tujuh artikel yang didapatkan dari google scholar dimana enam merupakan artikel terbit dan 1 merupakan artikel tidak diterbitkan. Analisis data yang digunakan adalah mengadaptasi model Miles Hubberman yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif diantaranya adalah: (1) Memperpanjang masa observasi/pengamatan, dengan maksud untuk melakukan pengambilan data yang lebih cermat/teliti karena waktu yang relatif panjang, (2) Melakukan pengamatan secara terus menerus, dengan masksud meyakinkan peneliti terhadap hasil dan memperkaya data penelitian, (3) Melakukan triangulasi data, dengan maksud menguji validitas data yang diperoleh dalam penelitian (4) Transferabilitas, dengan maksud hasil penelitian nantinya dapat diterapkan dan disitasi oleh peneliti lain, (5) Despendability, dengan maksud pengukuhan konsistensi penelitian yang dimulai dari pengambilan data sampai dengan penyajian kesimpulan, dan (6) Konfirmabilitas, dengan maksud membuktikan data dengan mengkomunikasikannya dengan pihak ketiga sehingga hasil yang diperoleh lebih efektif.
References
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian
Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam
Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.52657/jfk.v3i2.387
Djaelani, A. R. (2013). Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitaitf. Garuda, 20(1).
https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/592074
Hadi, S. (20126). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu
Pendidikan, 22(1), 74–79.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di
Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), Art. 3.
https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data. INA-
Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/3w6qs
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul
Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu : Jurnal
Information Technology and Education, 5(01), 317–329.
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah,
(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Somantri, G. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia,
(2), 57–65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Alfabeta.
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan UIN
Malang, 11, 157–165.
Zamili, Moh. (2015). Menghindar Dari Bias: Praktik Triangulasi Dan Kesahihan Riset
Kualitatif. Lisan Al-Hal: Jurnal Pnegembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 9(2).