DAMPAK PINJAMAN UANG BERBASIS ONLINE TERHADAP KEBUTUHAN FINANSIAL MASYARAKAT DI KECAMATAN PONTIANAK KOTA ( STUDI KOMPARASI PINJAMAN ONLINE LEGAL DAN ILEGAL)

  • Syarifah Aulia Nurazkiyanti IAIN Pontianak
  • Prihantono Prihantono IAIN Pontianak
  • Syamratun Nurjannah Febi IAIN Pontianak
Keywords: Dampak;, pinjaman berbasis online;, Ilegal; Legal, legal, ilegal

Abstract

Dampak Pinjaman Uang Berbasis Online terhadap kebutuhan finansial masyarakat di Pontianak Kota ( Studi Komparasi Pinjaman Online     Ilegal dan Non Ilegal ) Oleh Syarifah Aulia Nurazkiyanti Nim, 11821005

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak perbandingan antara pinjaman online ilegal dan legal terhadap kebutuhan masyarakat di Kecamatan Pontianak Kota dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan masyarakat di Kecamatan Pontianak Kota menggunakan pinjama uang berbasis online.

Jenis penelitian adalah field research (penelitian langsung di lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu : 1). Penyebab Masyarakat Kecamatan Pontianak Kota menggunakan aplikasi pinjaman online yaitu karena kebutuhan darurat,gaya hidup dan modal usaha. 2).Dampak pinjaman berbasis online bagi masyarakat di kecamatan Pontianak Kota, yaitu memiliki dua dampak dari platform pinjaman online legal dan ilegal, dampak dari pinjaman legal meliputi dampak positif dan negatif. 3) Pinjaman Uang berbasis Online dilihat dari tinjauan ekonomi islam, pada dasarnya hukum pinjam meminjam sangat lah diperbolehkan dalam islam, sebagai salah satu praktek kemanusiaan, adanya platform fintench agar akses lebih mudah karena teknologi semakin canggih, namun perlu diketahui bahwa pinjam meminjam yang terdapat unsur melipat gandakan hukum nya haram sesuai dengan aturan pada syariat islam sehingga bertentangan dengan tujuam hukum islam yaitu kemashlahatan. 

References

Andista, D. R., & Susilawaty, R. 2021, September. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online .In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar Vol. 12, pp. 1228-1233.

Awanda, I. T. 2019. Analisis Pinjaman Online.

Budiman, S. 2016. Kajian Terhadap Peran Bank Perkreditan Rakyat Dalam Upaya Peningkatan Finansial Inclution Di Indonesia. Proceedinngs Universitas Pamulang, I

E.Book Akhbar “Mengenal Uang Lebih Dekat,sejarah,asal usul , peran,fungsi dan segala hal tentang uang.

Hidayat, A. A., & Uliyah, M. 2015. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia. Health Books Publishing.

Iqbal, I. 2012. Pemikiran Ekonomi Islam tentang uang, harga dan pasar. Jurnal Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak, 2(1).

Jalaluddin, J. (2014). Konsep Uang Menurut Al-Ghazalî. Asy-Syari'ah, 16(2), 169-178.

Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002), hlm. 248.

Mailanti, A. F. (2020). DAMPAK PINJAMAN BERBASIS ONLINE DI KOTA BENGKULU DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Nurcholifah,2018, I Jual Beli Online Oleh Mahasiswa IAIN Pontianak, Journal of Islamic Studies.

Pardosi, R. O. A. G., & Primawardani, Y. 2020. Perlindungan Hak Pengguna Layanan Pinjaman Online dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal HAM, 11(3), 353-368.

PERMANA, R. B. 2019, Perlindungan Hukum terhadap Data Konsumen yang Melakukan Pinjaman melalui Aplikasi Kredit Online (Doctoral dissertation, FAKULTAS HUKUM. repository.unej.ac.id.

Putra, R.A. 2018. Pengaruh Kebutuhan, Minat Dan Media Massa Terhadap Keputusan Mengikuti Pelatihan Kerja Di Unit Pelaksanaan Teknis Pelatihan Kerja Tulungagung. repo.iain-tulungagung

Pramesti, H., & Satyawati, E. 2007. Analisis Pengaruh Biaya Bunga Pinjaman terhadap Laba Bersih Periode Sebelum Kr Isis dan Selama Krisis pada Perusahaan Real Estate dan Property. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(1).

Putra, R. 2017. Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dalam Mengikuti Trend Fashion (Sebuah Telaah Teori Konsumsi Islam). Al-Maslahah Jurnal Ilmu Syariah, 13(2).

Sugiyono, 2008,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. 6, hlm. 271. digilib.unigres.ac.id

Sihombing, N. M. M., Suryanto, N. E., Mahameru, M., Setiawan, M. R., Marsella, E., & Li, M. 2019. Dampak Penggunaan Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta. unisbank.ac.id.

Supriyanto, E. 2019. Sistem Informasi Fintech Pinjaman Online Berbasis Web. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 9(2), 100-107.

Subardi, H. M. P. 2021. Mekanisme Pembiayaan Fintech Peer to Peer Lending Syariah Bagi UMKM di Indonesia. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 8(2). openjurnal.unmuhpnk.ac.id

Utami, T. T. 2020. Problematika Mekanisme Penyelesaian Pinjaman Gagal Bayar Pada Pinjaman Online di Indonesia, digilib.uns.ac.id

Wahyuni, R. A. E., & Turisno, B. E. 2019. Praktik Finansial Teknologi Ilegal Dalam Bentuk Pinjaman Online Ditinjau Dari Etika Bisnis. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3), 379-391. ejournal2.undip.ac.id

Published
2023-12-27
How to Cite
Nurazkiyanti, S., Prihantono, P., & Nurjannah, S. (2023). DAMPAK PINJAMAN UANG BERBASIS ONLINE TERHADAP KEBUTUHAN FINANSIAL MASYARAKAT DI KECAMATAN PONTIANAK KOTA ( STUDI KOMPARASI PINJAMAN ONLINE LEGAL DAN ILEGAL). Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 172-183. https://doi.org/10.24260/jkubs.v2i2.2056
Section
Articles