KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DALAM PENGUKURAN SAMPEL PENELITIAN (STUDI PADA MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA FTIK IAIN PONTIANAK)

  • Andina Nurul Wahidah IAIN Pontianak
  • Dwi Surya Atmaja IAIN Pontianak
Keywords: Critical Thinking, Pengukuran Sampel, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mengukur tingkat kemampuan critical thinking mahasiswa Tadris

Matematika FTIK IAIN Pontianak, dan (2) mendeskripsikan critical review dari miskonsepsi pengukuran sampel

penelitian berdasarkan hasil analisis mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak. Pendekatan kuantitatif

digunakan dalam penelitian ini dengan populasi seluruh mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak yang

menempuh perkuliahan Metodologi Penelitian sejumlah 21 orang. Melalui teknik total sampling, peneliti

mengambil seluruh anggota populasi menjadi sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan,

yaitu (1) teknik tes dengan instrumen lembar tes essay materi pengukuran sampel penelitian, dan (2) teknik

observasi dengan instrumen lembar check list yang diobservasi saat proses perkuliahan Metodologi Penelitian pada

mahasiswa Tadris Matematika di tahun 2022. Analisis data yang digunakan adalah statistic descriptive

menggunakan bantuan software microsoft excel untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa

dengan melakukan pengukuran sampel. Kesimpulan yang diperoleh, yaitu (1) tingkat kemampuan critical thinking

mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak melalui tes essay pengukuran sampel penelitian memperoleh

hasil pada komponen interpretasi diperoleh skor rerata (88,50), komponen analisis (85,00), komponen kesimpulan

(77,50), komponen evaluasi (82,50), komponen penjelasan (79,00) dan komponen pengaturan diri (80,00), (2)

critical review dari miskonsepsi yang terjadi dalam pengukuran sampel penelitian berdasarkan hasil analisis yang

dilakukan oleh mahasiswa Tadris Martematika FTIK IAIN Pontianak, yaitu menghitung ukuran sampel tanpa

memperhatikan tingkat signifikansi, populasi dengan karakteristik finite population namun jumlahnya tidak ditulis

dengan jelas serta jumlah sampel/ sample size yang diambil tidak sesuai dengan sample size yang seharusnya.

References

Ariyati, dkk, (2021). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajara Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 11, No 3, September 2021: 208: 215.

Bustami, Y. & Corebima, A.D. (2017). The Effect of Jirqa Learning Strategy on Critical Thinking Skills of Multiethnic Students in Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education, 4(3), 13–22. https://doi.org/10.20431/2349- 0381.0403003

Carlgren, T. (2013). Communication, Critical Thinking, Problem Solving: A Suggested Course for All High School Students in the 21st Century. Interchange, 44(1–2), 63–81. https://doi.org/10.1007/s10780-013-9197-8

DeWaelsche, S. A. (2015). Critical thinking, questioning and student engagement in Korean university English courses. Linguistics and Education, 32, 131–147. https://doi.org/10.1016/j.linged.2015.10.003

Ennis, R.H. (2006). A Critical Thinking. New York: Freeman.

Facione, P.A. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Flores dkk, (2012). Deficient Critical Thinking Skills among College Graduates: Implications for leadership. Educational Philosophy and Theory, 44(2), 212–230. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00672.

Glasser, W. (2008). Choice Theory: A New Psychology Of Personal Freedom. New York: HarperCollins.

Gregor, J. R. (2007). Tes Psikologi, Sejarah Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Khairawati & Wahidah, (2020). Menara Penelitian: Mudah Memahami dan Mengaplikasikan

Rancangan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Ramadhan, R. (2021). Mahasiswa Berbicara Pentingnya Berpikir Kritis. https://muda.kompas.id/baca/2021/02/14/mahasiswa-berbicara-pentingnya-berpikir-kritis/

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. Perpustakaan IAI Agus Salim, April 2020.

Published
2022-06-28
Section
Articles