KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DALAM PENGUKURAN SAMPEL PENELITIAN (STUDI PADA MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA FTIK IAIN PONTIANAK)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mengukur tingkat kemampuan critical thinking mahasiswa Tadris
Matematika FTIK IAIN Pontianak, dan (2) mendeskripsikan critical review dari miskonsepsi pengukuran sampel
penelitian berdasarkan hasil analisis mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak. Pendekatan kuantitatif
digunakan dalam penelitian ini dengan populasi seluruh mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak yang
menempuh perkuliahan Metodologi Penelitian sejumlah 21 orang. Melalui teknik total sampling, peneliti
mengambil seluruh anggota populasi menjadi sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan,
yaitu (1) teknik tes dengan instrumen lembar tes essay materi pengukuran sampel penelitian, dan (2) teknik
observasi dengan instrumen lembar check list yang diobservasi saat proses perkuliahan Metodologi Penelitian pada
mahasiswa Tadris Matematika di tahun 2022. Analisis data yang digunakan adalah statistic descriptive
menggunakan bantuan software microsoft excel untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa
dengan melakukan pengukuran sampel. Kesimpulan yang diperoleh, yaitu (1) tingkat kemampuan critical thinking
mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pontianak melalui tes essay pengukuran sampel penelitian memperoleh
hasil pada komponen interpretasi diperoleh skor rerata (88,50), komponen analisis (85,00), komponen kesimpulan
(77,50), komponen evaluasi (82,50), komponen penjelasan (79,00) dan komponen pengaturan diri (80,00), (2)
critical review dari miskonsepsi yang terjadi dalam pengukuran sampel penelitian berdasarkan hasil analisis yang
dilakukan oleh mahasiswa Tadris Martematika FTIK IAIN Pontianak, yaitu menghitung ukuran sampel tanpa
memperhatikan tingkat signifikansi, populasi dengan karakteristik finite population namun jumlahnya tidak ditulis
dengan jelas serta jumlah sampel/ sample size yang diambil tidak sesuai dengan sample size yang seharusnya.
References
Ariyati, dkk, (2021). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajara Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 11, No 3, September 2021: 208: 215.
Bustami, Y. & Corebima, A.D. (2017). The Effect of Jirqa Learning Strategy on Critical Thinking Skills of Multiethnic Students in Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education, 4(3), 13–22. https://doi.org/10.20431/2349- 0381.0403003
Carlgren, T. (2013). Communication, Critical Thinking, Problem Solving: A Suggested Course for All High School Students in the 21st Century. Interchange, 44(1–2), 63–81. https://doi.org/10.1007/s10780-013-9197-8
DeWaelsche, S. A. (2015). Critical thinking, questioning and student engagement in Korean university English courses. Linguistics and Education, 32, 131–147. https://doi.org/10.1016/j.linged.2015.10.003
Ennis, R.H. (2006). A Critical Thinking. New York: Freeman.
Facione, P.A. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Flores dkk, (2012). Deficient Critical Thinking Skills among College Graduates: Implications for leadership. Educational Philosophy and Theory, 44(2), 212–230. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00672.
Glasser, W. (2008). Choice Theory: A New Psychology Of Personal Freedom. New York: HarperCollins.
Gregor, J. R. (2007). Tes Psikologi, Sejarah Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Khairawati & Wahidah, (2020). Menara Penelitian: Mudah Memahami dan Mengaplikasikan
Rancangan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Ramadhan, R. (2021). Mahasiswa Berbicara Pentingnya Berpikir Kritis. https://muda.kompas.id/baca/2021/02/14/mahasiswa-berbicara-pentingnya-berpikir-kritis/
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. Perpustakaan IAI Agus Salim, April 2020.