REFLEKSI PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS RA ICP NURUL ULUM BOJONEGORO

  • Zakiyatul Imamah Prodi. PIAUD IAI Al hikmah Tuban, Indonesia
Keywords: guru, daring, anak usia dini, COVID-19

Abstract

Lembaga pendidikan selama pandemi Covid-19 melakukan pembelajaran secara online atau dalam jaringan (daring), sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Adanya pembelajaran secara daring dimasa pandemi Covid-19 memberikan tantangan khusus bagi guru. Guru secara paedagogik harus tetap melaksanakan perannya untuk memotivasi dan mendorong kreatifitas anak usia dini dalam proses belajar, meskipun tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan peserta didik. Selain itu, guru dituntut lebih komunikatif terhadap peserta didiknya, sebab guru tidak dapat mengontrol secara langsung peserta didik saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dalam proses belajar. Supaya tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Yang juga sangat penting adalah bahwa harus kompeten dalam membangun kerjasama dengan orang tua. Semua peran tersebut harus dilakukan dengan mediasi perangkat teknologi dan oleh karenanya guru secara personal harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi terbarukan. Artikel ini akan membahas kualifikasi, peran guru dalam pembelajaran daring di RA ICP Nurul Ulum Bojonegoro selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif analisis diskriptif, pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi dari yang didapatkan peneliti saat dilapangan. Penulisan artikel ini dilakukan agar guru semakin mengerti dan mengetahui perannya serta menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Sembilan peran guru dalam pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19.

During the Covid-19 pandemic, educational institutions conducted online or online learning, in accordance with the policies stipulated by Minister of Education and Culture Regulation Number 4 of 2020. Online learning during the Covid-19 pandemic presented special challenges for teachers. Pedagogically, teachers must continue to carry out their role to motivate and encourage the creativity of young children in the learning process, even without having to meet face to face with students. Apart from that, teachers are required to be more communicative with their students, because teachers cannot directly control students when working on tasks given by the teacher in the learning process. So that learning objectives are achieved well. What is also very important is that you must be competent in building cooperation with parents. All of these roles must be carried out with the mediation of technological devices and therefore teachers must personally master renewable information and communication technology. This article will discuss the qualifications and role of teachers in online learning at RA ICP Nurul Ulum Bojonegoro during the Covid-19 pandemic. The method used is the qualitative method of descriptive analysis, data collection by means of observation, in-depth interviews and documentation of what researchers obtain in the field. This article was written so that teachers better understand and understand their role and apply various learning models in the online learning process. Based on the research results, it shows that there are nine teacher roles in online learning during the Covid-19 pandemic.

References

A. Hasan Saragih (2008), Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar, Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, Volume5, Nomor 1.

Adityo Susilo, dkk. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Volume. 7, Nomor. 1 Tahun 2020

Asmi Rahmah, Peran Guru Anak Usia Dini Di RA Bintang Kecil Wirobrajan Yogyakarta Dalam Prespektif Pendidikan Islam, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Depdiknas Indonesia, Undang-Undang Guru dan Dosen, (Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Fathiyah Isbaniah, Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV), Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Direktoral Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), 2020

Faulina Sundari (2017), Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD, Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Hamzah, N., & Suratman, B. (2023). Pop Culture and New Media Impact of Internet Use in Parenting on Early Childhood Development. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263–278.

Indah Winarsieh, Itsni Putri Rizqiyah (2020). Peranan Guru dalam pembelajaran daring pada masa Pandemi COVID-19. Indonesia Journal of Teacher Education. Vol. 1 No. 4, 159-164.

Jajat Sudrajat (2020), Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19, Semarang: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis.

Khadijah, dan Media Gusman (2020). Pola Kerja Sama Guru dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumara Cendekia, Volume 8, Nomor 2.

Lexy J. & Moleong, (2007), Metode penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Meity H. Isdris (2014), Menjadi Pendidik Yang Menyenangkan dan Profesional.Jakarta: Luxima Metro Media

Muhammad Hasbi, dkk (2020). Media Daring (Tutorial Webex, Zoom, dan Google Drive). Jakarta: Direktora PAUD Kementrian Pendiidkan dan Kebudayaan RI.

Nana Syaodih Sukmadinata (2013), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Onwuegbuzie, A. J., & Weinbaum, R. K. (2016). Mapping Miles and Huberman’s Within-Case and Cross-Case Analysis Methods onto the Literature Review Process. Journal of Educational Issues, 2(1), 265–288.

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 25 Ayat 1.

Peraturan Menteri Pendidikan Republic Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rendy Setyowahyudi dan Tiara Ferdiyanti (2020), Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19, Jurnal Golden Age, Vol. 04 No. 1.

Rizki Amalia Meldina (2018), Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Kemampuan Asesmen Guru PAUD, Skripsi Universitas Pendidkan Jakarta.

Rizqina, A. L. (2018). Membangun Karakter Bangsa Sejak Dini Melalui Metode Bercerita. 3, 229–236.

Rizqina, A. L. (2019). Golden Age: Pendidikan Inklusi Berbasis Budaya di Lingkungan PAUD Lab. FIP UNY Pedagogia. 4, 113–122.

Sri Anita (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok A BA Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, Skripsi IAIN Purwokerto.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Suparlan (2005). Manjadi Guru Efektif .Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.

Suratman, B., & Arif, M. (2020). Realm of Malay Civilization: Ethnoparenting, Habitus, and Cultural Contestation in Early Childhood Education of Sambas Malay Society. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 4(2), 215–230. https://doi.org/10.21580/jsw.2020.4.2.6014

Suratman, B., & Rahnang, R. (2021). Kindergarten Early Childhood Learning Practices in Education Institutions Kindergarten. Albanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 30–40.

Taher, S., M., & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembanng Anak Usia Dini. 4(2), 42.

Undang – Undang Repulik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentan Guru dan Dosen

Yenti Sumarni (2020), Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis, Al-intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume. 6 Nomor. 2.

Zaenal Arifin, (2011), Penelitian Pendidikan: Metode Dan Paradigma Baru, Bandung: Rosdakarya

Published
2023-12-30
How to Cite
Imamah, Z. (2023). REFLEKSI PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DI ERA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS RA ICP NURUL ULUM BOJONEGORO. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 70-82. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.1847