MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI RA MA’DINUL ‘ULUM TULUNGAGUNG
Abstract
Pada kegiatan pembelajaran di RA Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung telah ditemukan adanya masalah yaitu kurang berkembangnya kemampuan membaca anak usia 5 – 6 tahun yang menempati rombongan belajar kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini terutama kelompok B di RA Ma’dinul ‘Ulum Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam satu siklus. Dimana pada satu siklus tersebut terdiri dari 5 RPPH dan rencana perbaikan, dengan beberapa tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dipireoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B dari RA Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat dengan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari analisis yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini terutama pada rombongan belajar kelas B di RA Ma’dinul ‘Ulum Kecamatan Campurdarat dengan catatatn kegiatan harus ditindak lanjuti dengan seksama. Adapun persentase ketuntasan tertingginya berada pada 61%. Namun hal tersebut masih dapat ditingkatkan kembali dengan kegiatan secara berulang, karena kemampuan membaca anak usia dini tidak dapat dipaksa keberhasilannya dalam satu waktu, akan tetapi dapat diupayakan sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
References
Ariyati, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1).
Direktorat SMP. (2021). 9 Strategi Membaca Intensif Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi. (Online) (9 Strategi Membaca Intensif dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi - Direktorat SMP (kemdikbud.go.id), diakses 20 Mei 2023)
Djuwita, W. (2020). Parenting Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Bingkai Karakter & Nilai Profetik Islam. Sanabil.
Fahitah, Itah., & Watini, Sri. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1.
Hamzah, N., & Suratman, B. (2023). Pop Culture and New Media Impact of Internet Use in Parenting on Early Childhood Development. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).
Hasan, M. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). DIVA Press.
Hutagalung, A. I. Y., & Suratman, B. (2019). Peran Pendiri Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 33–50. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1764
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini. Annuva, 32, 109–118.
Meliza, Adnan, dan Safiah, I. (2016). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas Rendah Gugus Inti Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 2, 26-36.
Nurbiana, D. (2019). Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Setyaningtyas, Eunice W. (2017). Strategi Membaca Untuk Mendukung Kebermaknaan dan Keterampilan Literasi Untuk Para Pembaca Muda. (Online) (https://ris.uksw.edu/download/makalah/kode/M02136, diakses 20 Mei 2023).
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Rajawali.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. PT Ideks, Jakarta. PT Ideks.
Sulianah, Sulianah. (2014). Mengenalkan Konsep Huruf Dengan Metode Kartu Huruf Pada Anak. BELIA 1(2)
Sulistyawati, E. E., & Sujarwo, S. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 28. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064
Suratman, B., & Arif, M. (2020). Realm of Malay Civilization: Ethnoparenting, Habitus, and Cultural Contestation in Early Childhood Education of Sambas Malay Society. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 4(2), 215–230. https://doi.org/10.21580/jsw.2020.4.2.6014
Suratman, B., & Rahnang, R. (2021). Kindergarten Early Childhood Learning Practices in Education Institutions Kindergarten. Albanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 30–40.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. PT. Remaja Rosdakarya.