Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Card Short Pada Materi Pelajaran Akidah Akhlak Sub Pelajaran Nama Dan Tugas Malaikat Allah Kelas IV SDI Manaratul ‘Ulum, Gandaria Utara, Jakarta Selatan
Abstract
This research was conducted using the Card Short learning strategy to increase students’ learning interest at SDI Manaratul ‘Ulum, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, South Jakarta. This type of research is called Classroom Action Research (CAR). The research subjects were class IV of SDI Manaratul ‘Ulum, Kebayoran Baru, South Jakarta, for the 2022/2023 academic year, with 20 students. This research was conducted in two cycles. Each process has four steps: the planning stage, the action implementation stage, the observation stage, and finally, the reflection stage. Before conducting the research, the highest % of students who were interested in learning the aqidah, morals, names, and duties of angels was 30%. After taking action, the results showed that in cycle 1, the percentage of interest in learning reached 70%, then it increased in cycle 2 to 85%. Based on these results, it can be concluded that the application of the Card Short strategy has a positive influence on increasing student learning interest in class IV SDI Manaratul ‘Ulum. So, the Card Short learning strategy can increase interest in learning the names and assignments of the angel of Allah for class IV SDI Manaratul ‘Ulum, Kebayoran Baru, South Jakarta. Interest in Learning, Card Short Strategy, Adding interest in learning
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa SDI Manaratul ‘Ulum, Gandaria Utara, Kebayoran baru, Jakarta Selatan dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Short. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas IV SDI Manaratul ‘Ulum, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 20 siswa/i. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat empat langkah diantaranya yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan yang terakhir tahap refleksi. Sebelum melakukan penelitian, persentase minat belajar siswa dalam pelajaran akidah akhlak nama dan tugas malaikat tertinggi 30%. Setelah melakukan tindakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase minat belajar mencapai 70%, kemudian mengalami peningkatan pada ke siklus 2 menjadi 85%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Card Short memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa di kelas IV SDI Manaratul ‘Ulum. Jadi, strategi pembelajaran Card Short dapat meningkatkan minat belajar dalam nama dan tugas malaikat Allah kelas IV SDI Manaratul ‘Ulum, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Minat Belajar, Strategi Card Short, Menambah minat belajar.
Kata Kunci: Minat Belajar, Strategi Card Short, Akidah Akhlak, Manaratul ‘Ulum
Downloads
References
Ahyat, Nur. 2017. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4(1):24–31. doi: 10.30957/edusiana.v4i1.5.
Arief Sukino. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. 1st ed. edited by Mansur. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
Binti Ismail, Nazneen, Jabatan Usuluddin, Akademi Islam, Kolej Universiti Islam, Antarabangsa Selangor, Jabatan Al-Quran, Dan Al-Sunnah Akademi, Islam Kolej, and Universiti Islam. 2015. “Perspektif Islam Dalam Pembentukan Akhlak Masyarakat.” Dakwah Dan Syariah.
Fadilah, Nur. 2017. “Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 11(2). doi: 10.21580/nw.2017.11.2.1547.
Handayani, Rysa. 2022. “Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sdn 2 Selat Tengah.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 2(1).
Hasnawati. 2020. “AKHLAK KEPADA LINGKUNGAN.” JURNAL PENDAIS 2(2).
Manasikana, Arina, and Candra Widhi Anggraeni. 2018. “Pendidikan Karakter Dan Mutu Pendidikan Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Naim, Muhammad, Abd. Rajab, and Muhammad Alip. 2020. “Esensi Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam.” ISTIQRA’: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7(2).
Nata, Abuddin. 2018. “Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Conciencia 18(1):10–28. doi: 10.19109/conciencia.v18i1.2436.
Priyanti, Rivolan. 2019. “Pembelajaran Inovatif Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.
Rosyidah, Ida, and Teti Fitriyani. 2020. “Metode Active Learning Type Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5(2). doi: 10.15575/ath.v5i2.9480.
Rusdarti, Prof. Dr. 2017. “KONSEP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS .” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).
Sari, E. K., M. Y. S. Wardana, and ... 2019. “Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar.” Mimbar Pgsd … (22).
Setiawan, Andika Aji, Calista Dyah Octavia, Aini Savira Azzarine, Kun Hisnan, and Hajron. 2021. “Penerapan Metode Card Sort Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa SDN Kedungsari 4.” SP Proceeding of The URECOL,.
Sukring. 2016. “Pendidik Dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam).” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 01(1):69–80.
Susilawati, Yesi, and Rabbiyanur Lubis. 2022. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.” Turats 14(2). doi: 10.33558/turats.v14i2.4467.
Titin, Syahrowiyah. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan 10(2):1–18.
Wiradimadja, Agung, Bayu Kurniawan, and Sukamto Sukamto. 2019. “Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan PTK (Penelitian Tindakan Kelas).” Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial 2(1).
Copyright (c) 2023 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.