Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Pembelajaran di MTs Raudhatul Islamiyah Peniti Luar Tahun 2022/2023
Abstract
Professionality of educators is determined by the height or low insight of teachers about the competence of educators. Increasing competence can be done with research involving collaboration with fellow educators. This study aims to determine the effectiveness of learning supervision by madrasa leaders. Specifically the purpose of this study is to improve teacher performance through learning supervision in MTs. Raudhatul Islamiyah Peniti Outside 2022. Inui research was designed using Classroom Action Research (CAR) from the stages of research obtained the following results: In cycles I and II, the first was obtained, teacher performance increased in making learning planning. Second, teacher performance increases in carrying out learning. Third, teacher performance increases in assessing student achievement. Fourth, teacher performance increases in carrying out the follow -up to the results of student learning achievement appraisal. Fifth, teacher performance increases in developing learning programs, carrying out learning, assessing learning achievement, and carrying out follow -up of student learning achievement results.
Abstrak
Profesioanalitas pendidik ditentukan oleh tinggi atau rendahnya wawasan guru tentang kompetensi pendidik. Meningkatkan kompetensi dapat dilakukan dengan riset yang melibatkan kolaborasi dengan sesama pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas supervisi pembelajaran oleh pimpinan madrasah. Secara spesifik tujuan dari penelitian ini adalah Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pembelajaran di MTs. Raudhatul Islamiyah Peniti Luar tahun 2022. Penelitian inui didesain menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dari tahapan peneitian didapatkan hasil sebagai berikut: pada siklus I dan II, maka didapatkan pertama, kinerja guru meningkat dalam membuat perencanaan pembelajaran. Kedua, kinerja guru meningkat dalam melaksanakan pembelajaran. Ketiga, kinerja guru meningkat dalam menilai prestasi belajar siswa. Keempat, Kinerja guru meningkat dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik. Kelima, Kinerja guru meningkat dalam menyusun program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan melaksanakan tindak lanjut hasil prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Supervisi Pembelajaran, Peningkatan Kinerja, MTs Raudhatul Islamiyah
Downloads
References
Abdillah, F., Manurung, M. A. P., Hafizah, C. V, & ... (2022). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. … Pendidikan, 16(2).
Anwar, K. (2022). Supervisi Pendidikan antara Formalis dan Esensialis. … : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Arief Sukino. (2013). Ilmu Pendidikan Islam (Mansur (ed.); 1st ed.). STAIN Pontianak Press.
Buchari, A. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2). https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197
Dimyati. (2009). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas dalam Konteks Peningkatan Profesioalitas Guru Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2).
Firdiansyah, T. A. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis oleh Kepala Madrasah. Arfannur, 2(1). https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.428
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377
Madya, W., & Rosyidi, A. M. (2017). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1).
Mufidah, L. (2021). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas dalam Memperbaiki Praksis Pembelajaran. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02). https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1426
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Nasution, I., Safitri, M., Halawa, S., Zuchairunnisa, Z., Khotimah, N., & Ramadhan, S. (2023). Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sublim: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.33487/sublim.v1i1.5606
Noor, F. A. (2019). Kompetensi Pendidik MI di Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 251. https://doi.org/10.21043/ELEMENTARY.V7I2.6386
Piaget, J. (2019). Cambridge Assesment International Education. Cambridge International, 0.
Putriana, N. A., & Saragih, Y. B. (2020). Pendidikan Interprofessional dan Kolaborasi Interprofesional. Majalah Farmasetika, 5(1). https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v5i1.25626
Sukino, A., Rahmap, R., & Mardiani, E. (2023). Meningkatkan Mutu Input Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pelibatan Masyarakat Lokal Pada Lembaga Pesantren dan Madrasah di Perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Sekayam Dan Entikong. Abdimas Galuh, 5(1). https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.10094
Turmidzi, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1).
Zulkifli, Z. (2020). Analisis Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.36312/JISIP.V4I3.1286
Copyright (c) 2023 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.