Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya MA Raden Rahmat Seloreji, Mojowarno, Jombang

  • Mohammad Khoirul Abidin UIN Sunan Kalijaga
  • Rohani Sitorus Pane Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Muhammad Hibban Wijdan UIN Sunan Kalijaga
  • Zulkipli Lessy UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Internalization, Character Education, Madrasa Culture

Abstract

Internalization is the unification of attitudes, opinions, and behavior in personality. The purpose of the study was to explore the process of internalizing character education in madrasa culture at MA Raden Rahmat to determine the process of internalizing character education through madrasa culture. The study used a qualitative approach with research design using interviews and direct observation. The results of the research include: character building carried out through madrasa culture to form students who are honest, disciplined, responsible, caring, polite, environmentally friendly, mutual cooperation, cooperation, peace-loving, responsive and pro-active; Madrasa culture at MA Raden Rahmat includes: praying dhuha and dhuhur in congregation, istighasah and tahlil, reading certain surahs of the Qur’an, working with coins, morning apples, fashion crafts. Meanwhile results also showed supporting factors such as good examples are reflected by the teachers, and get appreciation from the community. Whereas the inhibiting factors are the lack of adequate facilities, differences of opinion and views between teachers and students, the psychological condition of children, and the lack of cooperation between teachers and parents.


ABSTRAK

Internalisasi merupakan penyatuan sikap, pendapat, tingkah laku dalam kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali proses internalisasi pendidikan karakter dalam budaya madrasah di MA Raden Rahmat Selorejo, Mojowarno, Jombang untuk mengetahui proses internalisasi pendidikan karakter melalui budaya madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desainnya menggunakan metode wawancara dan observasi secara langsung. Hasilnya menunjukkan bahwa penanaman karakter yang dilakukan melalui budaya madrasah untuk membentuk siswa yang jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif; budaya madrasah di MA Raden Rahmat antara lain: shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, istighasah dan tahlil, membaca surat-surat tertentu, giat koin, apel pagi, dan prakarya tata busana. Namun dalam praktek ini terdapat faktor pendukung seperti keteladanan yang baik dicerminkan oleh para guru, dan mendapat apresiasi dari masyarakat. Adapun faktor penghambat yakni kurangnya fasilitas yang memadai, perbedaan pendapat dan pandangan antar guru dan siswa, kondisi psikologis anak, dan kurangnya kerjasama antarguru dan orang tua.

Kata kunci: Internalisasi, Pendidikan Karakter, Budaya Madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eko Prasetyo Utomo, 2016. “Internalisasi Nilai- Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro,” Jurnal Metafora 2, no. 2.

Fajarwati Dian Utar dan Zaimmatus Sa’da, 2021. Pembentukan Karakter Kepala Sekolah, (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan). Jakarta.

Fauziah Ifa, 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Siswa SD Kelas IV dan V di SD Plus Qurrata’ Ayyun Malang. Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Hakim Dhikrul, “Internalisasi Nilai-Nilai Multicultural Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Etnografi di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro Kabupaten Jombang”

John W. Creswell, 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Upper Saddle River, NJ: Pearson).

Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Prasetyo Eko Utomo, 2016. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro,” Jurnal Metafora 2, no. 2. http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i22018p095

Prasetyo Eko Utomo, 2016. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro”, Jurnal Metafora 2, no. 2.

Rachman Arif, 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 1 Praya Lombok Tengah dan MI Gelondong Panji Sari,” Bada’a: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1.

Strauss Anselm and Juliet Corbin, Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory (Thousand Oaks, CA: Sage).

Sumarto, 2020. “Budaya Madrasah Dalam Penerapan Manajemen Pendidikan Karakter,” Jurnal Literasiologi 3, no. 3.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Wolcott, Harry F. 2001. Writing Up Qualitative Research (Thousand Oaks, CA: Sage,).

Published
2023-10-20
How to Cite
Abidin, M., Pane, R., Wijdan, M., & Lessy, Z. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya MA Raden Rahmat Seloreji, Mojowarno, Jombang. Arfannur, 4(2), 141 - 150. https://doi.org/10.24260/arfannur.v4i2.1530
Section
Articles