Kepemimpinan Progresif atasi Kemunduran Pendidikan Islam Tradisional
Abstract
Problems in traditional Islamic education start from an unattractive outward appearance to low competitiveness when juxtaposed with modern educational institutions. So it is necessary to find out the reasons for the decline of traditional Islamic educational institutions. This research is descriptive qualitative research with library-based data collection. The results of this study indicate that there is a need for leadership reformulation in traditional Islamic educational institutions so that they can exist and have high competitiveness, namely by utilizing the progressive leadership model as exemplified by the Prophet Muhammad SAW, namely 1) selecting staff who have the most role in running the organization in a professional and applicable way. fair, 2) able to take advantage of the development of information technology and also social media to convey messages and at the same time promote in the era of information technology
ABSTRAK
Permasalahan dalam Pendidikan Islam tradisional dimulai dari penampilan luar yang kurang menarik hingga daya saing yang rendah jika disandingkan dengan lembaga pendidikan modern. Sehingga perlu dicari tahu sebab mengenai kemunduran lembaga-lembaga pendidikan Islam tradisional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berbasis kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu reformulasi kepemimpinan pada lembaga pendidikan Islam tradisional sehingga mereka mampu eksis dan berdaya saing tinggi, yaitu dengan memanfaatkan model kepemimpinan progresif sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu 1) memilih staf yang paling berperan menjalankan roda organisasi dengan cara profesional dan berlaku adil, 2) mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan juga media sosial guna menyampaikan pesan dan sekaligus berpromosi di era teknologi informasi.
Kata Kunci: pemimpin, kemunduran, progresif.
Downloads
References
Agus Zaenal Mutaqin, 2020, Evaluasi Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Permapendis, Vol. 2 No. 1.
Ali Mustopa. (2020). Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Pesantren Fatḥul ‘Ulūm Kwagean Kediri). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 24–40. https://doi.org/10.21154/SAJIEM.V1I1.3
Aplikasi Hadits, Ensiklopedia 9 Kitab Hadits
Dewan Dakwah Indonesia Jawa Tengah. 2020. Al-Qur’an dan Terjemah Syariah, Surakarta.
Fanani, Ahmad. 2014. Kamus Populer Inggris – Indonesia, Surakarta : Open Books.
Hefniy Rozak, 2014, Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an, Tinjauan Sakralitas, profanitas, dan Gabungan, Yogyakarta : Penerbit Teras.
Hefniy Rozak, 2014. Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an, Tinjauan Sakralitas, profanitas, dan Gabungan, Yogyakarta : Penerbit Teras.
Hujair A. H. Sanaky, 2008, Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu, Jurnal El-Tarbawi, No. 1. Vol. I
Ichsan Thaib, Muhammad. 2016. Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam, Jurnal Intelektualita, Vol 4, No 1.
Imam Malik, Muwatho, Juz 2, hlm. 182.
Kartono, Kartini, 1998, Pengantar Metodologi Research, Bandung : ALUMNI.
Kouzes dan Posner, 1990 Credibility, (San Francaisco : Jossey Bass Publishers.
Lickona, Thomas. 2012. Charracter Matter, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Madhi, Jamal. 2002. Menjadi Pemimpin yang efektif dan Berpengaruh: Tinjauan Manajemen Kepemimpinan Islam, terj. Anang Syafruddin dan Ahmad Fauzan, Bandung: : Syaamil Cipta Media.
Ni’mawati, Qiqi Yulianti, 2020. “Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi”, Jurnal Miskat STAI Siliwangi Bandung Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Volume 05, Nomor 02 Desember.
Nur Efendi, 2015. Islamic Educational Leadership, Memahami Integrasi Konsep Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta : Kalimedia.
Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Rineka Cipta, cetakan kedua, 2010
Sukino, A. (2016). Kepemimpinan transformatif dalam pengembangan manajemen madrasah berorientasi mutu. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 81–100. https://doi.org/10.33507/AN-NIDZAM.V3I1.10
Tua Lumban Gaol, Nasib. 2017. Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Volume: 4, No. 2.
Ushansyah, 2016, “Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam,” Ittihad, Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 14.
Copyright (c) 2021 Arfannur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.