Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan di Kabupaten Bengkayang

  • Uyung Yuliza Mahasiswa Prodi Megister Pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak Kalimantan Barat, Indonesia
  • Romawati Romawati Guru Madrsah Ibtidaiyah Negeri 2 Singkawang Kalimantan Barat, Indonesia
  • Ajat Sudarajat Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN 1 Singkaang Kalimantan Barat, Indonesia
  • Marlina Marlina Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pontianak Kalimantan Barat, Indonesia
Keywords: Leadership, female madrasa principal

Abstract

The purpose of this study is to describe the election and appointment of madrasa heads, acceptance of the leadership of female madrasa heads, and the leadership of female madrasa heads in Benkayang Regency. The research locations were four private madrasas led by a woman. This study uses a qualitative approach with a multisite constant comparison method. Data collection through interviews, observation and documentation and surveys. The research was conducted from 2 to 5 February 2022. The data sources for this research were madrasa supervisors, madrasa heads, madrasa teachers and administrative staff where the madrasa head was the key informant. Data analysis shows that female madrasa heads are welcomed because their appointments are in accordance with applicable regulations and their ability to lead madrasas is not inferior to the leadership of male madrasa heads and female madrasa heads in Bengkayang Regency are quite efficient although slow in responding to information and innovating.

 

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemilihan dan pengangkatan kepala madrasah, penerimaan terhadap kepemimpinan kepala madrasah perempuan, dan kepemimpinan kepala madrasah perempuan di Kabupaten Benkayang. Lokasi penelitian adalah empat madrasah swasta yang dipimpin oleh seorang perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode perbandingan konstanta multisite. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dan survei. Penelitian dilakukan pada tanggal 2 hingga 5 Februari 2022. Sumber data penelitian ini adalah pengawas madrasah, kepala madrasah, guru madrasah dan tenaga administrasi yang mana kepala madrasah merupakan informan kunci. Analisis data menunjukkan bahwa kepala madrasah perempuan disambut baik karena pengangkatannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kemampuannya dalam memimpin madrasah tidak kalah dengan kepemimpinan kepala madrasah laki-laki dan kepala madrasah perempuan di Kabupaten Bengkayangcukup efisien meskipun lambat dalam merespon informasi dan melakukan inovasi.

Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala madrasah perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Faruq, M. S. (2016). Perbandingan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Laki-Laki dan Perempuan di SDN Se-Kabupaten Lamongan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–9.

Arsad, M. (2021). Kompetensi Kepala Madrasah Era Minelial 2021. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1).

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative research for education. Allyn & Bacon Boston, MA.

Kemenag RI. (2020). PMA 24 TAHUN 2020. 3, 1–26.

Maryati. (2016). Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Nurul Qur’an Tegalweropucakwangi Pati. Quality, 4(1), 163–181.

Muhammad Yusuf Noor Khozain, , Dimas Afrizal, A. N. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Gender. Jurnal Edusciense, 8(1), 6–13.

Munirah, M. (2021). Keefektifan Kepemimpinan Perempuan Sebagai Kepala Sekolah. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Noviansah, A., & Mizaniya, M. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Lembaga Pendidikan Islam. Islamika, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.900

Nursangadah, A., Kozain, M. Y. N., & Afrizal, D. (2021). kepemimpinan pendidikan islam dalam perspektif gender. Jurnal Eduscience (JES), 8(2), 6–13.

Nurvita, A., Alam, F., & Abdullah, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Budaya Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 42–52. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24399

Oedjoe, M. R. (2004). Keefektifan Kepemimpinan Perempuan sebagai Kepala Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume, 11(Nomor, 2), 183–194.

Permendiknas. (2007). Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1–20.

Subaidi, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Dan Kinerja Guru di MAN 1 Pati. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 161. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i2.1428

Tarsito, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Wahyuni, Z. M., Lestari, F., & Hasanah, U. (2020). Kepemimpinan Dan Gender Dalam Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(Special), 26–37.

Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Fungsi Manajerial Kepala MAdrasah Dalam Menciptakan Madrasah Efektif di MAdrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 29–45.

Published
2022-10-31
How to Cite
Yuliza, U., Romawati, R., Sudarajat, A., & Marlina, M. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan di Kabupaten Bengkayang. Arfannur, 3(2), 85 - 98. https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i2.615
Section
Articles