Urgensi Kepemimpinan Demokratis dalam Membangun Integritas di Lingkungan Madrasah

  • Eka Mardiani iainpontianak
Keywords: Democratic Leadership, Building Integrity

Abstract

This study aims to provide information regarding the importance of democratic leadership in building integrity in Madrasah Tsanawiyah which is an Islamic education Institution. The type of research used is library research, with the following results (1) The leader is the main mover of the organization, and the authority of the organization is in the hands of the leader. Leaders are also the key to the success of an organization. Likewise, Organizational failure also depends on how the leaders carry out the leadership process. (2) the provision of excellent service to the Islamic education environment can be carried out optimally if the leadership system is managed democratically under the control of the leader as needed, (3) With democratic leadership, it is hoped that the values of integrity will be more easily realized, to create conditions in which educational institutions Islam continues to exist to provide quality work so that it is useful for all aspects of the life of the nation and state. Based on the three findings above, it can be concluded that democratic leadership is an undeniable important part of building integrity in Islamic educational institutions, especially at madrasah tsanawiyah.

 

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pentingnya kepemimpinan demokratis dalam membangun integritas di madrasah Tsanawiyah yang merupakan lembaga pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan ialah library research, dengan hasil sebagai berikut: (1) Pemimpin merupakan penggerak utama organisasi, otoritas organisasi berada di tangan pemimpin. Pemimpin juga menjadi kunci keberhasilan dari suatu organisasi. Begitu juga kegagalan organisasi juga tergantung bagaimana pemimpin melakukan proses kepemimpinanya. (2) Pemberian layanan prima kepada lingkungan pendidikan Islam dapat dilakukan secara optimal jika sistem kepemimpinan dikelola secara demokratis atas kendali pemimpin sesuai kebutuhan, (3) Dengan adanya kepemimpinan demokratis, diharapkan nilai-nilai integritas akan lebih mudah terwujud, guna menciptakan kondisi dimana lembaga pedidikan islam terus eksistensi memberikan sebuah karya yang berkualtias sehingga berguna bagi seleruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Berdasarkan tiga temuan di atas maka dapat disimpulkan, kepemimpinan demokratis menjadi bagian penting tak terbantahkan dalam rangka membangun integritas di lembaga pendidikan Islam terutama pada Madrasah Tsanawiyah.

Kata kunci: Kepemimpinan Demokratis, Membangun Integritas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, S., & Suparno, M. (2009). Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. In Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, H., & Husaini. (2019). Manajemen Kepemimpinan pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1).

Friska. (2004). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Universitas Sumatera Utara.

Hidayat, H. (2019). Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. Banten: Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Imam Hanafi. (2017). Urgensi Penanaman Nilai Karakter Spiritual Keagamaan Dan Integritas Dalam Dunia Pendidikan. An-Nuha, 4 No. 2.

Indriani, S. (n.d.). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Mengembangankan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan Dan Pengurusan Sekolah, 6.

Jhuji, Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2).

Mattayang, B. (2019). TIPE DAN GAYA KEPEMIMPINAN: SUATU TINJAUAN TEORITIS. JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting, 2(2). https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247

Mubarok, H. (2020). PRINCIPAL LEADERSHIP (Kepemimpinan Kepala Sekolah). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.32478/leadership.v1i2.444

Ramadoni, W. (n.d.). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan, 1.

Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyaraat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 53(9).

Rusydi Syadzili, M. F. (2018). MODEL KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI PEMIMPIN PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.61

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sukmawati. (2019). Pelaksanaan Implementsi Penguatan Pendidikan Karakter Iintegritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Edu Civic Media Publikasi Prodi PPKN, 05(02).

Syafar, D. (2017). Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Watoni, M. S. (2019). Integritas Pendidikan Multikultural dalam Implementasi Kurikulum 2013. AS-SABIQUN, 1(1). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.343

Published
2022-05-24
How to Cite
Mardiani, E. (2022). Urgensi Kepemimpinan Demokratis dalam Membangun Integritas di Lingkungan Madrasah. Arfannur, 2(3), 219-230. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i3.640
Section
Articles