Implementasi Infografis di Media Sosial Sebagai Sarana Layanan Bimbingan Penyuluhan Islam

  • Ivani puji safitri Vani UIN K.H ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • Muhamad Rifa'i Subhi UIN K.H ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi infografis dimedia sosial sebagai sarana layanan bimbingan penyuluhan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan data melalui informasi dari sumber buku, artikel, jurnal ilmiah, dokumentasi dan informasi dari media teknologi komunikasi yang sesuai dengan topik pembahasan yang dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media infografis di media sosial dapat menjadi sarana yang efektif untuk layanan bimbingan penyuluhan Islam. Dengan memanfaatkan visual yang menarik, kemampuan menyampaikan pesan yang mudah dipahami, serta aksesibilitas yang luas, media infografis dapat membantu menyebarkan ajaran agama, memberikan nasehat, dan memperluas pemahaman umat Islam tentang Islam di era digital ini.

 

Author Biography

Muhamad Rifa'i Subhi, UIN K.H ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

Dosen Penyuluhan Melalui Media Massa

References

Ajeng Resnatika, Sukaesih, N. K. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6(1), 183–196.
Amara, Ulta, E. (2018). EFEKTIVITAS BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH BULUKUMBA. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.
Atmaningrum, R. H. (2021). EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA INFOGRAFIS TENTANG ORAL BAD HABIT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR ( STUDI LITERATUR ). Politeknik Kesehatan Semarang.
IHC Telemed. (2021). Mitos dan Fakta Seputar HIV/AIDS. https://telemed.ihc.id/artikel-detail-776-Mitos-Dan-Fakta-Seputar-HIV-AIDS.HTML
Karim, H. . (2019). Peran Manajemen Dalam Bimbingan Penyuluhan Islam. Bimbingan Penyuluhan Islam, 01(01), 115–142.
Mirzaqon, A.T & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk unesa/article/view/2203
Novita Agustina, Ns, M.Kep, S. K. A. (n.d.). Ayo Cari Tahu Apa Itu HIV. Kemenkes Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/754/ayo-cari-tahu-apa-itu-hiv#:~:text=Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan,Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).
Paranginangin, I. F. D., Indra, F., & Lubis, P. R. (2023). Penyuluh Agama Islam Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Kabupaten Langkat. Jurnal Al-Manaj, 03(01), 10–21.
Ramli, Marhani, & N. (2013). Pola Bimbingan Dan Penyuluhan Islam Bagi Mahasiswa Pada Program Pasih STAIN Parepare. Kuriositas, 06(02), 45–60.
Rozak, P. (n.d.). BIMBINGAN KONSELING PENYULUHAN ISLAM BAGI ORANG DENGAN HIV AIDS (ODHA). The Proceeding ICRCS, 1(1), 233–248.
Sovatunisa Soleha, Hartini, S. R. (2023). PERAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 17–29.
Sudjana., N, A. R. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Published
2024-08-22
How to Cite
Vani, I. puji safitri, & Subhi, M. (2024). Implementasi Infografis di Media Sosial Sebagai Sarana Layanan Bimbingan Penyuluhan Islam. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 32-43. https://doi.org/10.24260/as-syamil.v4i1.2984
Section
Articles