Kesehatan Mental Remaja Pada Masa Pandemi

  • Mita - Meilinda UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Kesehatan Mental, Remaja, Pandemi COVID-19

Abstract

Abstract: This study is a qualitative study that aims to describe the mental health condition of adolescents during the COVID-19 pandemic. COVID-19 is an infectious disease caused by a newly discovered type of coronavirus. The new virus and the disease it causes were unknown before the outbreak began in Wuhan, China, in December 2019. COVID-19 is now a pandemic affecting many countries around the world. Mental health is the level of psychological well-being or mental disorders. Mental health consists of several types of conditions that are commonly categorized under healthy conditions, anxiety disorders, stress and depression. This study took data with structured interviews on students of the Islamic Counseling Guidance study program who carried out bold learning. Interviews were conducted by asking questions in the form of documents that were sent via private messages to each student who was sampled. Closed questionnaires were carried out by distributing them through WhatsApp groups and private messages using the Google form page to obtain complete information. The results of this study indicate that the COVID-19 pandemic has become a separate problem for the mental health of adolescents during courageous learning during the pandemic. This is because there are several factors and challenges during learning. This condition results in the emergence of inner conflicts and pressures experienced by teenagers so that it interferes with their mental health.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi kesehatan mental remaja di masa pandemic COVID-19. COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. COVID-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia. Kesehatan mental adalah tingkatan kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan jiwa. Kesehatan jiwa terdiri dari beberapa jenis kondisi yang secara umum dikategorikan dalam kondisi sehat, gangguan kecemasan, stres dan depresi. Penelitian ini mengambil data dengan wawancara terstruktur pada mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Islam yang melaksanakan pembelajaran daring. Wawancara dilakukan dengan memberikan pertanyaan berupa dokumen yang dikirim lewat pesan pribadi kepada setiap mahasiswa yang dijadikan sampel. Kuesioner tertutup dilakukan dengan disebarkan lewat grup WhatsApp dan pesan pribadi menggunakan laman Google form agar memperoleh informasi yang lengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemic COVID-19 ini telah menjadi masalah tersendiri bagi kesehatan mental remaja selama pembelajaran daring di masa pandemi. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa factor dan tantangan selama pembelajaran. Kondisi inilah yang mengakibatkan timbulnya konflik batin dan tekanan yang di rasakan para remaja sehingga mengganggu kesehatan mental mereka.

References

DAFTAR RUJUKAN

Arirahmanto, Sutam Bayu. 2018. Pengembangan Aplikasi Penurunan Kejenuhan Belajar Berbasis Android untuk Siswa SMPN 3 Babat. UNESA Surabaya.

Azzahra, N.F. 2020. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).

Cherniss. 1980. Staff Burnout: Job Stress in the Human Services. California: Sage Publications

Dabutar, Jelarwin. 2008. “ Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pengelasan Pada Siswa Berprestasi Tinggi dan Rendah di SMK Swasta 1 Trisakti Lagu Boti kabupaten Samosir”. Skripsi.Medan : Fakultas Teknik,Universitas Sumatera Utara.

Djamarah, Syaiful Bahri, 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta.

Eka, Yuliana. Ancaman Kesehatan Mental Siswa Pada Masa Pandemi,

Hidayanti, laeli. 2020. Kendala Belajar Online bagi Siswa saat Pandemi Covid-19, https://kumparan.com/laeli-hidayanti/kendala-belajar-online-bagi-siswa-saat-pandemi-covid-19-1tfb7OwtV7i, diakses pada 5 Juni 2021.

https://nasional.sindonews.com/read/228580/18/ancaman-kesehatan-mental-siswa-pada-masa-pandemi-1605096692, diakses pada 5 Juni 2021.

Muna, Naeila Rifatil. 2013. Efektivitas Teknik Self Regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendekia Sekarkemunging Cirebon. Jurnal Holistik. Vol. 14, No. 02, hal. 57-78.

Ruci Pawicara , Maharani Conilie.2020.Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi [Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2020].

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wiwin Efrizal.2020.Persepsi Dan Pola Konsumsi Remaja Selama Pandemi Covid-19 .Program Studi Biologi, Universitas Bangka Belitung.Ekotonia: Jurnal Penelitian Biologi, Botani, Zoologi dan Mikrobiologi .Volume 05 Nomor 2 Desember 2020

Published
2021-08-19
How to Cite
Meilinda, M. (2021). Kesehatan Mental Remaja Pada Masa Pandemi. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.24260/as-syamil.v1i1.342
Section
Articles