Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Disleksia Di Era Pandemi Covid-19

  • Habib Maulana Malik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Abstrak: Tujuan penulisan ini yakni untuk mengetahui peran pola asuh orang tua dalam proses belajar anak disleksia di era pandemi covid-19. Penelitian ini memaparkan terkait pola asuh orang tua dan keterkaitannya dengan dampak yang muncul pada anak dengan gangguan disleksia. Penelitan ini merupakan jenis penelitian literatur review menggunakan jenis sumber data sekunder berupa artikel ilmiah yang linier. Data-data yang diperoleh kem udian direduksi untuk selanjutnya dilakukan analisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni adanya perbedaan yang dihasilkan dari adanya pola asuh yang berbeda mulai dari pola asuh permisif, otoriter, dan deokratis. Anak disleksia yang memperoleh perlakuan pola asuh demokratis cenderung lebih mudah untuk berkembang dan meningkatkan potensinya apabila dibandinkan dengan anak yang memperoleh perlakuan pola asuh otoriter terlebih saat pandemi dimana pendidikan anak sepenuhnya dilakukan secara daring dengan penuh pengawasan dari orang tua

Author Biography

Habib Maulana Malik, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Adapun faktor yang menunjang dari pendidikan itu sendiri sangatlah banyak salah satunya yakni proses belajar. Dalam perkembangannya proses belajar antara satu individu dengan individu yang lain tidaklah sama. Hal ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang mendukung keberhasilan dari proses belajar itu sendiri. 

Di era pandemi saat ini proses pendidikan formal yakni di sekolah dilakukan secara daring. Dalam proses pembelajaran secara daring peran orang tua sangatlah berpengaruh dimana aktivitas belajar yang pada mulanya diawasi oleh tenaga kerja kependidikan saat ini beralih penuh dengan pengawasan orang tua. Hal tersebut tentunya menjadi kendala tersendiri melihat bahwa antara orang tua satu dengan orang tua lainnya memiliki sistem polaasuh yang berbeda-beda. Perbedaan pola asuh yang diberikan oleh orang tua tentunya akan sangat mempengaruhi proses perkembangan anak dalam belajar.

Adanya pengaruh antara pola asuh orang tua dengan proses belajar anak sudah banyak dikaji dan dibuktikan seperti adanya perbedaan pola asuh dapat menimbulkan dampak besar dalam psikologi belajar anak. Anak yang mendapatkan pola asuh otoriter cenderung lebih sulit dikendalikan saat berada di lingkungan sekolah, berbeda dengan anak yang mendapat pola asuh demokratis, ia cenderung lebih dapat berinteraksi da

References

DAFTAR RUJUKAN

Anisa, Siti. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Dewi Kristiantini. 2020. Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia

Gunarsa, Singgih. 2002, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia. Rosmawati, D., & Samodra, Y. J. (2021). Pendampingan anak yang memiliki kesulitan belajar "Disleksia" di Sekolah. Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 93-100.

Latifah, Nafisyah. (2022). Problematika pembelajaran daring anak mengalami kesulitan belajar “disleksia”. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 6 No. 01, Juni 2022, Hal 291-302 E-ISSN : 2549-7367 https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v6i01.5639

Nofitasari, A., Ernawati, N., & Warsiyanti. (2016). Teori Dan Metode Pengajaran Pada Anak Dyslexia. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia. Yogyakarta: Repository UPY.

Ririn, Fauziah. 2021. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.”Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia” .Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1127-1137 doi : 10.31004/obsesi.v5i2.645

Sadikin, & A, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Setiadi, Hermawan Wahyu. (2015). ”Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Siswa Disleksia”. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY. pp. 88 - 96.

Sidiarto, & Djokosetio, L. (2007). Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar pada Anak. Jakarta: Universitas Indonesia Presss.

Simbolon.2021. Literature Review Untuk Penelitian Kesehatan.Yogyakarta : Bintang Pustaka Madani

Sri Respati Andamari, U. A. (2017). Implementasi Terapi Berbasis Aplikasi Android dan Terapi Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak dengan Gejala Disleksia. Jurnal Psikologi, Volume 2(No 1), 18.

Published
2022-11-14
How to Cite
Malik, H. (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Disleksia Di Era Pandemi Covid-19. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 17-24. https://doi.org/10.24260/as-syamil.v2i2.755
Section
Articles