Dampak Perilaku Maladaptive Terhadap Belajar Siswa Di SMK Negeri 02 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.24260/as-syamil.v4i1.3119الكلمات المفتاحية:
Maladaptive، Siswa، Dampak، Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT)الملخص
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku maladaptive yang muncul, dampak, dan upaya yang dilakukan guru maupun siswa di SMK N 02 Pontianak. Jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan observasi. Teknik yang digunakan pengambilan sampel yakni purposive sampling. Teknik analisis data model naratif yang berupa reduksi hasil wawancara dan observasi. Subjek penelitian yakni 2 orang siswa yang terkategori melakukan perilaku maladaptive dan 1 guru yang bertugas sebagai guru piket. Hasil penelitian ditemukan adanya perilaku maladaptif yang muncul berupa keterlambatan masuk sekolah, membolos dan membuat keributan dikelas sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif, penyebab perilaku tersebut muncul karena faktor internal dan eksternal siswa yakni faktor dari orangtua. Perilaku maladaptive berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa, dimana AJ bahkan mendapat ancaman tidak naik kelas dan tidak diperbolehkan mengikuti agenda Magang. Dampak lain yang diterima oleh AJ seperti pemberian hukuman, munculnya ungkapan yang kurang mengenakan dari teman sekelas dan pengaruh terhadap nilai. Dalam mengatasi hal tersebut selain upaya dari diri siswa, juga memerlukan peran orangtua dan guru disekolah.