Analisis Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Di SMA PGRI 2 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.24260/as-syamil.v1i2.446Kata Kunci:
Student, Discipline LevelAbstrak
Abstrak: Selama pembelajaran daring saat ini kegiatan belajar mengajar (KBM) menjadi tidak efektif, sehingga guru mata pelajaran kesulitan dalam memperhatikan siswa secara optimal dan membuat siswa banyak yang tidak hadir, terlambat dalam mengumpulkan tugas, tidak memperhatikan pembelajaran dan terlambat login di akun quipper (media daring), Tujuan dari peneliti yaitu Untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring di SMA PGRI 2 Palembang Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dimana peneliti mengumpulkan data sebanyak-banyak nya baik itu dari referensi buku, jurnal, wawancara dengan sumber yang bersangkutan serta terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan judul yang ingin di teliti baik itu bentuk lisan maupun bentuk tulisan. Aspek kedisiplinan dalam pembelajaran daring selama masa Pandemi covid-19 di SMA PGRI 2 Palembang hampir terpenuhi sesuai kriteria namun terdapat beberapa yang belum memenuhi kriteria diantaranya siswa belum mampu membagi waktu, belum dapat memanfaatkan waktu belajar, dan beberapa siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Hambatan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran daring adalah a) masalah jaringan dan quota internet, b) akses teknologi smartphone dan komputer, c) gangguan rumah. Agar siswa semakin semangat dalam belajar dan mampu mengatasi segala kemungkinan buruk dalam belajar selama massa pandemi covid-19. Agar guru dapat melayani siswa semaksimal mungkin, mampu mengatasi permasalahan kedisipilinan siswa dalam belajar daring melalui program-program yang dianggap membangkitkan semangat belajar siswa, memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar.