PENERAPAN PEMBELAJARAN METEMATIKA MELALUI METODE TABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATERI KONSEP KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) PADA SISWA KELAS IV/A DI MIN 03 PONTIANAK

  • Eka Anggraeny Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • M Tisna Nugraha IAIN Pontianak
  • Zulkarnain Zulkarnain IAIN Pontianak
Keywords: Metode Tabel, Kelipatan Persekutuan Terkecil, Faktor Persekutuan Terbesar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti ingin meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal materi konsep KPK dan FPB menggunakan metode baru, yang selama ini kemampuan siswa menyelesaikan soal Matematika materi KPK dan FPB di kelas IV/A tidak mencapai KKM yang telah ditentukan. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode tabel dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal KPK dan FPB pada siswa kelas IV/A MIN 03 Pontianak. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum menggunakan metode tabel dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB;

(2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode tabel dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal KPK dan FPB; (3) Untuk mengetahui kemampuan siswa sesudah menggunakan metode tabel dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB; (4) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal KPK dan FPB dalam penerapan metode tabel.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah soal tes. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif rata-rata (mean) dan persentase. Dari hasil pengamatan dan analisis data disimpulkan bahwa menggunakan metode tabel dapat meningkatkan kemampuan soal menyelesaikan soal KPK dan FPB di kelas IV/A MIN 03 Pontianak.

Pada matapelajaran Matematika materi konsep KPK dan FPB di kelas IV/A MIN 03 Pontianak; (1) Sebelum dilakukan tindakan rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal sebesar

44,63; (2) Penerapan metode tabel dilakukan dengan dua Siklus yaitu siklus I dan Siklus II; (3) Setelah dilakukan tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 55,65 dan pada siklus II meningkat menjadi 89,08; (4) Terdapat peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan soal KPK dan FPB selama pelaksanaan Tindakan, dapat disimpulkan bahwa metode tabel mampu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kemampuan siswa menyelesaikan materi konsep KPK dan FPB di kelas IV/A MIN 03 Pontianak.

 

Published
2021-02-11
Section
Articles