PROBLEMATIKA GURU DALAM PENILAIAN OTENTIK DI PEMBELAJARAN TEMATIK

  • Musnawa Musnawa IAIN Pontianak
  • Nur Hafizah IAIN Pontianak
  • Patdry Alamsyah IAIN Pontianak
  • Musarrofah Musarrofah IAIN Pontianak
  • Musyarati Musyarati IAIN Pontianak
  • Roikhatul Janah IAIN Pontianak

Abstract

Penilaian otentik dalam pembelajaran tematik memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong pemahaman konseptual peserta didik. Akan tetapi, penerapannya di lapangan masih menghadapi berbagai kendala, terutaman bagi pendidik. Artikel ini akan membahas tentang problematika guru dalam penilaian otentik yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Artikel ini juga memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut yaitu pengembangan kompetensi guru, penyempurnaan sistem administrasi, dan melakukan diseminasi dengan tenaga ahli. Besar harapan artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan solusi dalam penerapan penilaian otentik di pembelajaran tematik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Published
2024-09-30