PERAN HUMAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (KOMINFO) KOTA SINGKAWANG DALAM PROMOSI DESTINASI PARIWISATA MELALUI INSTAGRAM @KOMINFO_SINGKAWANG

Penulis

  • Dimas Lunaldy IAIN Pontianak
  • Syarifah Aminah IAIN Pontianak
  • Muhammad Khalil Gunawan IAIN Pontianak
  • Pilga Ayong Sari IAIN Pontianak

Kata Kunci:

Strategi Promosi Pariwisata, instagram, Kominfo Singkawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang melalui media sosial Instagram @kominfo_singkawang. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan utama, yaitu bagaimana strategi promosi pariwisata yang diterapkan melalui penggunaan Instagram oleh Kominfo Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta menggunakan teori AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision, Action) sebagai kerangka analisis. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber sekunder, yaitu 1) Sumber data primer dalam penelitian ini adalah perancang grafis instagram diskominfo singkawang, pranata humas diskominfo, admin instagram diskominfo, pengelola pengaduan publik, dan lima orang wisatawan yang ada di Kalimantan Barat; 2) Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari peneliti dapatkan di Diskominfo Kota Singkawang yang berupa data-data yang diperlukan untuk memperkuat data primer, dan yang peneliti peroleh dari buku-buku, dokumen-dokumen, arsip ataupun yang lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi pariwisata di Instagram Kominfo Singkawang dilakukan melalui berbagai konten visual seperti foto dan video yang menarik perhatian, serta penggunaan hashtag untuk meningkatkan jangkauan. Strategi promosi yang diterapkan meliputi pengelolaan akun Instagram yang aktif, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta penciptaan konten yang sesuai dengan minat dan keinginan audiens, dengan tujuan untuk membangkitkan keinginan serta mendukung keputusan audiens untuk berkunjung ke destinasi wisata di Singkawang.

Referensi

Atmoko, Bambang Dwi. 2012 Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Ambarawati, Anak Agung Ayu. 2011. Evaluasi Strategi Promosi Pariwisata Provinsi Bali dalam Event Pesta Kesenian Bali Untuk Wisatawan Menarik Mancanegara. Yogyakarta: Veteran.

Coombs, W. T. (2019). Ongoing crisis communication: Planning, managing, and responding (5th ed.). SAGE Publications.

Cooper, J., & James, A. (2009). Challenges for Database Management in the Internet of Things. IETE Technical Review, 26 (5), 320.

Grunig, J. E., & Dozier, D. M. (2018). Excellent public relations and effective organizations: A study of communication management in three countries (2nd ed.). Routledge.

Ihlen, & Fredriksson, M. (2018). Public relations and the discursive construction of society: An introduction. Ihlen & M. Fredriksson (Eds.), Public Relations and the Discursive Construction of Society: A Critical Perspective (pp. 1-18). Routledge.

Kaplan, A, M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68.

KEMENTERIAN and 2012, P. A. N. D. R. B. R. I. T. (2012) ‘Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah Dengan’, Undang-Undang.

Kitchen, P. J., & Burgess, S. (2020). Public relations: A multidisciplinary approach (2nd ed.). Sage Publications.

Macnamara, J. (2016). The Handbook of Global Media and Communication Policy. Wiley-Blackwell.

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesi

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Purwanto, D. (2001). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Rahmawati, Dewi. 2016. “Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online”. Skripsi. Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen. (S. Saat & M. Wibi Hardani, Eds.) (Kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Ruslan. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Weaver, David dan Martin Opperman. 2000. Tourism Management. Brisbane, Australia: John Willey and Son.

Williams, D, L., Crittenden, V, L., Keo, T., & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Dimas Lunaldy, Syarifah Aminah, Muhammad Khalil Gunawan, & Pilga Ayong Sari. (2025). PERAN HUMAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (KOMINFO) KOTA SINGKAWANG DALAM PROMOSI DESTINASI PARIWISATA MELALUI INSTAGRAM @KOMINFO_SINGKAWANG. JOISCO: Journal of Islamic Communication, 3(1), 57–72. Diambil dari https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/joisco/article/view/4738

Terbitan

Bagian

Articles