Penerapan Distance Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Medan
Abstract
Penelitian ini di susun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Distance Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X IPA 8 MAN 1 Medan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebgai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 8 yang terdiri dari 1 kelas dan 26 siswa.Objek Penelitian adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan teknik tes. Data dianalisis secara deskriktif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran distance learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, pada siklus I motivasi sebesar 71,46% dalam kriteria baik kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,85%. Dan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,53 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,61%. Dengan demikian motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran Distance Learning.
References
Aden Wijaya, Pemikiran dan Peradaban Islam, (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2007).
Allen, I. E., & Seaman, J. (2016). Online Report Card: Tracking Online Education in the United States. Babson Survey Research Group.
Bates, T. (2015). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. BCcampus.
Eveline Siregar & Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran .Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
Fadhilah, A., Rizki Nurzakiyah, K., Nasywa Atha, K., Kanya, N. A., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2).
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Insani, A. N., Anwar, S., & Supriadi, U. (2020). Efektivitas Program Remedial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMA (Studi Eksperimental Kelas X SMA Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung). Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 65–74.
Munir,M.IT, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung; Alfabeta, 2008.
Nashar, Peranan Motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004.
Pristiwanti, D., Badaririyah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1). http://repo.iain-
Sadiyah, A., & A Wathon. (2023). Manfaat Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Student Research (JSR), 1(2).
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017.Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47–67.
Sri Anitah, Media Pembelajaran, Surakarta, UNS Press,2008.
Su’ud Abu. Islamologi, Sejarah Ajaran, dan Peranannya Dalam Peradaban Umat Manusia. (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta 2003)
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, no. 1.
Yusuf Qardhawi, Risalah untuk Pemuda Muslim, Cet. I, Yogyakarta: Pustaka Fahima, 1991.