Strategi Market Place Aktivity dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi Market Place Activity pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Kisah Keteladanan Wali Songo di kelas 4B SD Negeri 6 Dirgahayu, Kotabaru. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas, melalui prosedur perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Ada dua siklus dalam penelitian ini yang masing-masing menggunakan metode yang sama namun perlakuan berbeda. Adapun analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Market Place Activity pada pembelajaran Fikih materi makanan dan minuman halal-haram. Pembelajaran pada siklus I sebanyak 13 siswa (54%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 93. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung anak untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran dan membiasakan siswa untuk mendapatkan informasi dari temannya sendiri. Ditambah lagi strategi ini menggunakan media berupa poster yang mendorong siswa untuk bersemangat dalam pembelajaran dan mengasah ide-ide mereka yang akan mereka tuangkan ke dalam poster tersebut
References
Afifah, I. N., Fahmi Nugraha, M., & Hendrawan, B. (2020). Pengaruh Model Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 93–106. https://doi.org/10.33603/.v3i1.3278
Aqib, Z. A. (2017). Penelitian Tindakan Kelas Untuk TK SD SMP SMK SLB PTS. Ar-ruzz.
Aqib, Z., & Ahmad Amrullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasi. Andi.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ernawati. (2022). Meningkatkan hasil belajar tarekh (sejarah islam) melalui model pembelajaran market place activity siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mlati Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 65–73. http://al-khos.org/index.php/AlKhos
Hanifa, S., Milla, N., & Devi, A. (2024). Peran Metode Pembelajaran Market Place Activity (MPA) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs Negeri 3 Bekasi. Jurnal Dirasah Islamiyah, 6(1). https://doi.org/10.17467/jdi.v6i1.714
Ismail, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Market Place Activity Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Aceh Tamiang). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 895–910. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4318
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 2021.
Kalsum, U. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Market Place Activity Plus Upaya Meningkatkan Pemahaman Sejarah Kebudayaan Islam. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2).
Milles, M., & B Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjtep Rohendi Rohidi. UI Press.
Rifqi, M., & Maulida. (2024). Penerapan Metode Market Place Activity Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MAS YASPEND Muslim Pematang Tengah. JMI: Jurnal Millia Islamia, 2(2).
Solehudin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Pada Materi Haji dan Umroh Siswa Kelas IX A Smp Negeri 1 Tonjong TP. 2017/ 2018. Dialektika FKIP, 3(1), 53–76.
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Rajawali Press.