Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi Market Place Activity pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Kisah Keteladanan Wali Songo di kelas 4B SD Negeri 6 Dirgahayu, Kotabaru. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas, melalui prosedur perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Ada dua siklus dalam penelitian ini yang masing-masing menggunakan metode yang sama namun perlakuan berbeda. Adapun analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Market Place Activity pada pembelajaran Fikih materi makanan dan minuman halal-haram. Pembelajaran pada siklus I sebanyak 13 siswa (54%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 93. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung anak untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran dan membiasakan siswa untuk mendapatkan informasi dari temannya sendiri. Ditambah lagi strategi ini menggunakan media berupa poster yang mendorong siswa untuk bersemangat dalam pembelajaran dan mengasah ide-ide mereka yang akan mereka tuangkan ke dalam poster tersebut
References
Afriani, S. H. (2015). Analisis Uji Persepsi: Intonasi Kalimat Perintah Bahasa Indonesia oleh Penutur Bahasa Jepang. Tamaddun, 15(1).
Alfiyah, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar pada Siswa Kelas II SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kencong Melalui Metode Demontrasi. Universitas Jember.
Ali Akbar, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1, 40–48. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 10.
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346
Hanisah, S. (2022). Studi Tentang Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 325–333. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.109
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618
Juliyani, E., Putri, E., Hartati, T., & Dwija Iswara, P. (2021). Studi Kasus Problematika Membaca Permulaan Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,.
Lexy. J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mayasari, J. (2021). Analisis Kesiapan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri 10 Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Munisah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Penerapan Permainan ABC 5 Dasar Pada Siswa Kelas 1 dan 2 Pendem Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP, 3(1).
Nyoman Suastika. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Rafika, N., Pgri, U., & Kartikasari, M. M. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Satria Kurniawan, M., Wijayanti, O., Hawanti, S., & Muhammadiyah Purwokerto, U. (2020). Problematika dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. JRPD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1).
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R and D. ALFABETA.
Taringan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.